Rony Lau (Youtube)

Solopos.com, SOLO – Didi Kempot, penyanyi campursari yang kini kembali populer ternyata punya saingan. Video musik campursari yang akhir-akhir ini viral di Youtube menampilkan pria asal Papua dengan pakaian adat Jawa bernama Rony Lau. Dia begitu fasih menyanyikan lagu yang kental akan logat Jawa itu.

Rony Lau yang bernama asli Ronny Muyapa ini ternyata sudah lama berkecimpung di dunia musik campursari. Dia merilis single campursari pertamanya berjudul Jago Selingkuh pada 19 April 2014 dalam akun Youtube Romie Utomo, produsernya saat itu. Kini, lagu Jago Selingkuh tersebut kembali populer karena penampilan uniknya dalam video tersebut.

Video musik Jago Selingkuh itu diperagakan oleh Rony Lau dan seorang model perempuan. Rony Lau yang mengenakan pakaian adat Jawa bergaya lucu dalam video klip tersebut. Penampilannya yang njawani kontras dengan rambut gimbal khas orang Timur miliknya.

Meski dialek asli pria kelahiran Nabire, Papua, 22 Juni 1986 tersebut masih terasa, suara beratnya yang khas terdengar fasih menyanyikan lagu campursari. Netizen pun turut mengapresiasi lagu Jago Selingkuh yang dinyanyikan Rony Lau. Ada pula yang menyebutkan Rony Lau melampaui Didi Kempot.

Kakz, ko memang Didi Kempot lewat. Bs ney jadi RBT,” komentar pemilik akun Youtube Arum Pudyarena.

“Super, top banget. Sing ada lawan pokoknya. Makasih atas videonya yang luar biasa,” sambung Basudewa Putra.

Dalam siaran Bukan Empat Mata yang ditonton Solopos.com, Minggu (25/8/2019) ayah satu anak itu mengungkapkan ketertarikannya dengan musik campursari dimulai sejak hijrah ke Yogyakarta pada 2005. Kala itu, Rony Lau menempuh pendidikan D3 Komunikasi di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta sembari mempelajari kebudayaan dan bahasa Jawa.

Rony Lau yang sudah hobi bernyanyi sejak remaja itu terus mengasah kemampuan menyanyikan lagu campursari dengan meneladani sang idola, Didi Kempot, The God Father of Broken Heart. Sampai akhirnya dia berhasil merilis single kedua pada 2015. Lagu kedua Rony Lau merupakan hasil kolaborasi dengan Steve Marcel. Lewat lagu bertajuk Cinta Matee dia menunjukkan keahlian ngerap.

Saat ini, Rony Lau fokus membangun kariernya di Tangerang, Banten. Dia dikenal sebagai pribadi yang mudah bergaul dan berbakat. Dalam biodata akun Instagramnya, @rony_lau, Rony Lau mengaku tidak hanya bisa bernyanyi namun juga berakting, melawak, dan menjadi pembawa acara. Dia sering tampil di panggung orkes dangdut dan pernah mengikuti acara televisi Bukan Talent Biasa pada November 2015. (Enggar Thia Cahyani/Solopos.com)

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten