RONALDO KE BALI : CR7 Tanpa Angpau Jadi Duta Bakau
Martunis & Ronaldo di Tanjung Benoa, Bali, Rabu (26/6/2913). (JIBI/SOLOPOS/Antara)
Martunis & Ronaldo di Tanjung Benoa, Bali, Rabu (26/6/2913). (JIBI/SOLOPOS/Antara)

BADUNG — Cristiano Ronaldo mengocek bola sudah biasa. Tapi Ronaldo “mengocek” sekop dan menanam bakau, itu baru luar biasa. Pemandangan itu terlihat saat bintang sepak bola Real Madrid dan Timnas Portugal itu  mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Taman Hutan Raya Telaga Waja, kawasan Benoa, Badung, Bali, Rabu (26/6).

Ia tampil bersama SBY dan pejabat lain Republik Indonesia dalam kegiatan Save Mangrove, Save Earth yang digagas Yayasan Artha Graha Peduli milik pengusaha Tomy Winata. Dalam kesempatan itu Ronalda menjadi Duta Mangrove Bali untuk kampanye penyelamatan hutan bakau.

Dalam pidato singkatnya, ia berharap langkahnya menjadi Duta Mangrove Bali bisa menginspirasi gerakan penyelamatan hutan mangrove. "Saya senang datang ke Indonesia, dan peran saya di Bali bisa memberikan dorongan kepada inisiatif penyelamatan hutan bakau," kata pemain yang dikenal dengan CR7 itu.

Ronaldo mengatakan, saat Tomy Winata memintanya menjadi Duta Mangrove Bali, dia langsung tertarik. "Terima kasih kepada Presiden. Saya senang datang ke Indonesia," kata Ronaldo.

 

Jet Pribadi

Ronaldo berada di Bali sejak Selasa (25/6) malam. Pesepak bola Real Madrid itu tiba dengan pesawat jet pribadi di Lanud TNI AU Ngurah Rai. Ronaldo datang bersama kekasihnya, top model Irina Shayk.

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menyatakan Ronaldo "jatuh cinta" kepada tanaman bakau. Zulkifli mengungkapkan alasan mengapa pesohor sepakbola dunia itu jatuh cinta kepada bakau. "Itu terkait tsunami Aceh dan bocah Martunis yang terbawa tsunami selamat karena tersangkut di pohon mangrove," kata Zulkifli.

Foto Martunis bocah kelas III SD yang selama 19 hari terombang-ambing di laut tersangkut di hutan bakau beredar di jejaring media sosial. Hal yang menarik, saat diselamatkan,  Martunis mengenakan kaus sepak bola bertuliskan nama Ronaldo yang memperkuat timnas Portugal.  "Dari sana Ronaldo dekat dengan Martunis dan mangrove," kata Zulkifli.

Ronaldo menyempatkan, menemui Martunis di Aceh dan memberinya beasiswa untuk sekolah, beberapa waktu lalu. "Martunis dulu dikasih handphone sama Ronaldo tapi handphone-nya hilang," tutur Menhut.

Zulkifli kemudian memanggil Martunis yang kini sudah remaja dan gemar bermain sepak bola. "Ini dia Martunis. Ayo ke depan salaman sama Bapak Presiden dan Ronaldo," katanya.

Martunis pun maju dan menyalami Presiden dan Ronaldo. Kemudian Menhut menyerahkan sertifikat Duta Peduli Mangrove Bali kepada Ronaldo. Tomy Winata pun mengaku senang luar biasa karena Ronaldo mendukung penuh pelestarian hutan bakau, apalagi kesediaannya menjadi Duta Mangrove untuk Bali itu secara sukarela alias tanpa bayaran.

"No commercial deal. Ronaldo tidak mau terima uang satu dolar pun untuk kampanye hutan bakau di Bali," ujar bos Grup Artha Graha itu di Jakarta, Selasa.

Tomy Winata menjelaskan asal mula Ronaldo datang ke Indonesia untuk bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menanam mangrove di Bali. "Saya bertemu Ronaldo di Madrid Maret 2013. Lalu obrol soal konservasi alam, tsunami Aceh dan pentingnya menyelamatkan hutan bakau. Eh, dia tertarik dan mau datang ke Indonesia untuk kampanye mangrove," katanya.

Ronaldo, kata Tomy, memiliki fans banyak di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Apa pun kegiatan pemain bola itu selalu menjadi magnet publikasi media di seluruh dunia. "Pastinya kedatangan Ronaldo bersama kekasihnya Irina akan menjadi pemberitaan media. Kami mengharapkan pesan Save Mangrove, Save Earth dapat menjangkau segala lapisan masyarakat, baik tua maupun muda, yang kaya maupun yang miskin," kata Tomy lagi.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho