SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

WARSAWA — Sundulan keras Cristiano Ronaldo ke gawang Petr Chech di menit ke 79, membawa Portugal ke semifinal Piala Eropa 2012 menaklukkan Republik Cheska.

Berlaga di National Stadium, Warsawa, Jumat (22/6/2012) dinihari WIB, Portugal turun dengan kekuatan terbaiknya. Kedua tim sama-sama menciptakan peluang di babak pertama. Namun di paruh pertama, tak ada gol yang tercipta.

Baru di babak kedua Portugal mampu memecah kebuntuan. Terus menyerang, Ronaldo akhirnya membobol gawang Cech lewat sundulan di menit ke-78.

Kemenangan ini mengantar Portugal ke babak semifinal. Di babak empat besar nanti, Portugal akan menghadapi pemenang dari laga antara Spanyol kontra Prancis.

Sejak peluit pertama dimulai, Portugal telah menciptakan sejumlah peluang. Di awal pertandingan, sepak pojok yang diakhiri tembakan Joao Moutinho dari luar kotak penalti gagal menaklukkan Chech.

Serangan Portugal di menit ke-24 sempat membahayakan gawang Cheska. Namun tembakan Ronaldo berhasil diblok oleh Cech. Selain itu, Ronaldo lebih dulu dianggap melakukan pelanggaran pada Michal Kadlec.

Memasuki babak kedua, Portugal langsung mengambil inisiatfi serangan. Hugo Almeida menyambut umpan Raul Meireles dengan sundulan tapi bola masih melambung.

Peluang Portugal untuk mengubah skor lewat tendangan bebas Ronaldo belum membuahkan hasil. Tembakan Ronaldo lagi-lagi mengenai tiang gawang dan bola keluar lapangan.

Ronaldo kembali mengancam gawang Ceko. Kali ini menerima umpan Meireles, Ronaldo yang mendapat kawalan masih bisa melepaskan tembakan yang belum menemui sasaran.

Sepakan Nani dari luar kotak penalti masih mampu ditepis oleh Cech dan bola kemudian dihalau Gebre Selassie. Portugal sempat mencetak gol di menit ke-60 lewat sundulan Almeida. Namun wasit menganulirnya karena Almeida sudah terlebih dulu terjebak offside sebelum menerima umpan dari Nani.

Cech kembali melakukan penyelamatan bagus. Kali ini sepakan keras Moutinho dari luar kotak penalti berhasil ia tepis.

Portugal yang terus menyerang kembali dapat peluang bagus di menit ke-74. Menerima umpan dari Meireles, Nani kemudian melepaskan tembakan. Tapi bola masih mengenai kaki Kadlec dan hanya menghasilkan sepak pojok untuk Portugal.

Gol Ronaldo di menit 78 memecah kebuntuan. Umpan silang dari sisi kanan yang dilepaskan oleh Moutinho ditanduk dengan keras oleh Ronaldo untuk merobek gawang Cech. Ceko 0 Portugal 1. JIBI/SOLOPOS/dtc

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya