SOLOPOS.COM - Kampanye Antirokok di CFD Solo. (Foto: Dokumentasi)

Kampanye Antirokok di CFD Solo. (Foto: Dokumentasi)

Peringatan bagi mereka yang mengonsumsi rokok elektronik (e-cigarette), kendari dipasarkan sebagai pilihan yang lebih aman buat rokok normal, benda ini mengirim nikotin melalui uap dan bukan asap.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut penelitian terbaru oleh Masyarakat Pernafasan Eropa (ERS), nikotin tetap saja diperoleh dari tembakau yang pada masa lalu telah menjadi sumber perdebatan mengenai keamanan benda tersebut.

Para peneliti dari University of Athens di Yunani menyelidiki masalah itu dengan melakukan studi yang mencakup 24 perokok dan delapan orang yang tak pernah merokok. Sebagian memiliki fungsi paru-paru normal dan sebagian lagi memiliki penyakit seperti asma serta penyakit paru-paru obstruktif kronis (COPD).

Setiap orang menggunakan rokok elektronik, dan orang yang merokok serta tidak merokok mencatat peningkatan hambatan pada saluran udara mereka dan hanya mereka yang menderita asma serta COPD tak mencatat dampak langsung.

Profesor Christina Gratziou, salah seorang penulis penelitian itu mengatakan kendati dalam pemasaran dikatakan e-cigarette tak terlalu berbahaya, penelitian tersebut dapat membantu membuktikan sebaliknya.

“Kami mendapati peningkatan langsung dalam hambatan saluran udara pada kelompok peserta kami, yang menunjukkan rokok elektronik secara langsung membahayakan setelah orang menghisapnya,” katanya.

Dia menambahkan penelitian lebih lanjut akan diperlukan guna memastikan dampak jangka panjang alat tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya