SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ilustrasi (Dok.Solopos)

Klaten (Solopos.com)–Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menemukan lima jenis produk rokok bercukai palsu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Bagian (Kabag) Perekonomian Setda Pemkab Klaten, Sri Sumanta saat ditemui wartawan di kantornya, Jumat (23/9/2011), mengatakan lima produk rokok bercukai palsu itu ditemukan dalam inspeksi mendadak (Sidak) yang digelar Rabu (21/9/2011) lalu. Rokok-rokok bercukai palsu itu ditemukan di sejumlah toko kelontong milik warga di Kecamatan Trucuk.

“Kami memakai alat pendeteksi kertas cukai. Setelah diperiksa, ternyata kertas cukai itu tidak memancarkan cahaya seperti kertas cukai pada umumnya,” tukas Sri Sumanta.

Lebih lanjut, Sri Sumanta menjelaskan, rokok bercukai palsu itu beredar dalam bentuk lima merek yang berbeda. Dia menyinyalir, rokok-rokok bercukai palsu itu diproduksi oleh perusahaan rumah tangga milik warga setempat. “Kemungkinan usaha itu baru dirintis oleh warga setempat. Cara pemasangan kertas cukai itu kurang rapi. Bahkan terjadi
kesalahan pemasangan kertas cukai. Untuk rokok yang berisi 10 batang justru dipasang kertas cukai untuk rokok 12 batang atau sebaliknya. Kami sudah mengambil sampel lima jenis produk rokok itu sebagai barang bukti,” terang Sri Sumanta.

(mkd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya