Roebiono Kertopati, Dokter yang Jadi Pakar Sandi Intelijen

Roebiono Kertopati mendapat julukan dan gelar resmi sebagai Bapak Persandian Indonesia.

 Roebiono Kertopati (wikipedia)

SOLOPOS.COM - Roebiono Kertopati (wikipedia)

Solopos.com, SOLO – Tak terhitung banyaknya orang yang berperan penting dalam upaya perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia, khususnya di masa revolusi kemerdekaan antara 1945-1949. Salah satu orang yang berperan penting itu adalah Roebiono Kertopati. Dia mendapat julukan dan gelar resmi sebagai Bapak Persandian Indonesia. Ini lantaran Roebiono-lah yang kali pertama menyusun sistem sandi atau kode untuk komunikasi agar isi komunikasi pemerintah dan militer saat perang melawan Belanda tidak bisa terungkap.

Uniknya, Roebiono justru awalnya bukan anggota militer. Pria kelahiran Ciamis, Jawa Barat, 11 April 1914 ini adalah seorang dokter lulusan Nederlands Indische Artsen School (NIAS) atau “Sekolah Dokter Jawa” di Surabaya. Setelah lulus pada 1941, dia menjadi dokter pemerintah kolonial. Dia kemudian pindah ke Australia bersama aparat pemerintahan dan militer Belanda di masa Jepang menduduki Indonesia. Di Australia, kabarnya dia bekerja sebagai tenaga kesehatan di dinas intelijen pasukan Sekutu. Di sinilah dia berkenalan dengan sejumlah orang yang berpengalaman dalam operasi-operasi intelijen, dan kemungkinan di sini juga dia mulai tertarik pada dunia intelijen.

Espos Premium merupakan layanan khusus dari Solopos.com yang lebih relevan dan memiliki diferensiasi dibandingkan free content. Untuk membaca artikel ini selengkapnya silahkan login atau daftar di SoloposID.

Terpopuler Hari Ini

Desain Unik Tol Solo-Jogja di Klaten: Rest Area Terbelah - Jalan Melayang

Proyek tol Solo-Jogja memiliki keunikan desain yang berbeda dari tol di wilayah lain.

Potret Cantik RR di Instagram, Selebgram Bali yang Live Bugil dengan Akun Kuda Poni

Ini dia tiga potret cantik selebgram RR, perempuan cantik yang live bugil sembari masturbasi di Bali dengan akun Kuda Poni.

Disebut Candi Asu, Ini Wujud Yoni di Tengah Sawah Klaten Terdampak Tol Solo-Jogja

Objek diduga cagar budaya berupa yoni itu berada tak jauh dari patok kuning yang menjadi titik tengah rencana ruas tol Solo-Jogja.

Siapa Selebgram RR alias Kuda Poni yang Live Bugil di Bali? Ini Profil atau Biodatanya

Siapa sih sebenarnya selebgram RR alias Kuda Poni yang melakukan live bugil di aplikasi Mango Live saat di Bali? Ini dia profil singkatnya.

Jadi Miliarder Gegara Tol Solo-Jogja, Warga Klaten Ini Bangun Musala untuk Petani

Warga Desa Kranggan, Kecamatan Polanharjo, Sadino Nur Rohmad, mendadak menjadi miliarder usai lahan yang dia miliki terdampak proyek tol Solo-Jogja.

Bentuknya Mirip Kura-Kura, Yoni di Tengah Sawah Tol Solo-Jogja Klaten Namanya Candi Asu

Yoni di tengah sawah terdampak proyek Tol Solo-Jogja di Klaten berbentuk seperti kur-kura, tetapi dikenal dengan nama Candi Asu.

Diledek Kaesang Gaji Wali Kota Solo Kecil, Respons Gibran di Luar Dugaan

Kaesang kepada Deddy mengungkapkan soal gaji sang kakak dan ayahandanya selama menjadi pejabat publik.

Alasan Miliarder Klaten Bangun Musala: Saya Lihat Petani Salat di Bawah Pohon

Warga Desa Kranggan, Kecamatan Polanharjo, Sadino Nur Rohmad, membangun musala setelah menjadi miliarder karena proyek Tol Solo-Jogja

Tertabrak Truk di Jalan Solo-Sragen, Pasutri Meninggal, Anak Patah Tulang

Pasutri yang memboncengkan seorang anak laki-laki meninggal dunia akibat tertabrak truk di jalan Solo-Sragen wilayah Masaran, Sragen.

Derbi Mataram Digelar 12 Oktober, Ini Jadwal Lengkap Liga 2 Persis Solo

Derbi Mataram yang mempertemukan Persis Solo vs PSIM Jogja digelar 12 Oktober 2021.

Kampung Terdampak Tol Solo-Jogja di Klaten Bak Desa Mati, Segelintir Warga Bertahan karena Alasan Ini

Sebulan terakhir, sebagian warga Ngentak mulai meninggalkan kampung setelah mendirikan tempat tinggal baru di berbagai wilayah.

Ustaz Subki Pastikan Lesti Kejora Hamil Setelah Menikah Siri

Ustaz Subki ternyata orang yang menganjurkan Rizky Billar dan Lesti Kejora menikah siri, tapi ia memastikan Lesti tak hamil duluan.

Ngeri! Penambang Pasir Sragen Kerap Temukan Tengkorak Manusia di Bengawan Solo

Sejumlah penambang pasir di Kedungupit, Sragen, kerap menemukan tengkorak manusia saat melakukan aktivitas penambangan.

10 Berita Terpopuler : Tol Solo-Jogja Melayang Hindari Yoni - Jembatan Bacem Saksi Bisu Pembantaian PKI

Ulasan tentang jalan tol melayang karena ada yoni hingga kisah jembatan Bacem masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

Melawan Begal Digital

Esai ini ditulis oleh Arif Budisusilo, jurnalis senior Bisnis Indonesia Group, dan telah terbit di Koran Solopos edisi 22 September 2021.

Populasi Penderita Gagal Ginjal di Soloraya Terus Meningkat, Waspadai Pemicunya!

Jumlah penderita gagal ginjal di Soloraya terus meningkat dari tahun ke tahun yang dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat.