SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

London-– Kendaraan roda empat akan dilarang di London maupun kota-kota lainnya di Eropa berdasarkan masterplan Uni Eropa. Masterplan tersebut bertujuan mengurangi emisi CO2 hingga 60 persen dalam waktu 40 tahun ke depan.

Komisi Eropa pada awal pekan ini memperkenalkan “wilayah transportasi tunggal Eropa” yang akan “membuat perubahan besar dalam pola transportasi orang,” pada tahun 2050.

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Rencana tersebut juga akan  mengakhiri beberapa jenis penerbangan  karena 50 persen dari semua perjalanan yang jaraknya lebih dari 186 mil akan diharuskan menggunakan  kereta api.

Sasaran utama dari pengurangan  emisi itu adalah mencapai angka “nol” untuk jumlah mobil bensin dan diesel di kota-kota masa depan Uni Eropa.

Ekspedisi Mudik 2024

Siim Kallas, anggota komisi transportasi Uni Eropa, menegaskan bahwa arahan Brussels dan pajak baru untuk bahan bakar ditujukan “memaksa orang” pindah dari kendaraan pribadi ke transportasi  “alternatif”.

“Artinya tidak akan ada lagi mobil berbahan bakar konvensional di pusat-pusat kota,” katanya.

Asosiasi Sopir Inggris  (BDA) menolak usulan pelarangan kendaraan itu dengan alasan akan menimbulkan  bencana ekonomi dan pembatasan yang “sinting” terhadap mobilitas.

“Saya menyarankan agar ia pergi ke  rumah sakit jiwa setempat,” kata Hugh Bladon, juru bicara BDA.

“Jika dia ingin membawa kita ke  zaman kegelapan baru, arahnya sudah benar.  Tapi, bukankah kita harus terus membuat semua hal bergerak? Orang itu tidak waras..”

Mr Kallas membantah bahwa rencana Uni Eropa untuk mengurangi penggunaan mobil hingga 50 persen dalam 20 tahun ke depan, sebelum larangan total pada tahun 2050, akan membatasi mobilitas pribadi atau mengurangi daya saing perekonomian Eropa.

“Kita dapat mematahkan ketergantungan sistem transportasi pada minyak tanpa mengorbankan efisiensi dan mengurangi mobilitas.  Hal ini bisa dicapai dengan win-win,” tegasnya.

Christopher Monckton, juru bicara suatu perkumpulan transportasi  mengatakan: “Uni Eropa pastinya sedang ada dalam realitas alternatif, mereka merasa bisa  menghabiskan triliunan pound serta  melarang orang menggunakan kendaraannya.”

Ant

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya