SOLOPOS.COM - Cast member Robin Williams speaks at a panel for the television series "The Crazy Ones" during the CBS portion of the Television Critics Association Summer press tour in Beverly Hills, California July 29, 2013. REUTERS/Mario Anzuoni

Harianjogja.com,JOGJA – Aktor sekaligus komedian Robin Williams ditemukan meninggal di rumahnya, Tiburon, California Utara, Senin, 11 Agustus 2014 waktu setempat. Ia meninggal di usia 63 tahun.

 

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

The Strait Times dalam artikel di situsnya, Selasa, 12 Agustus 2014, membuat daftar sepuluh peran terbaik dan prestasi Williams sepanjang karirnya.

 

1. Mork & Mindy (1978-1982)

Dalam serial komedi ini, Williams bermain sebagai alien dengan nama Mork. Sapaan yang sering dilontarkannya, “Na-nu, na-nu” pun langsung dikenal. Pam Dawber berperan sebagai Mindy, manusia yang tinggal sekamar dengan Mork. Ia pun menciptakan ciri khas dalam komedi sejak itu. Berkat perannya, Williams meraih satu dari enam Golden Globes pada 1979.

Ekspedisi Mudik 2024

 

2. Good Morning, Vietnam (1987)

Williams menyabet satu dari tiga nominasi Oscar untuk kategori Aktor Terbaik dalam film ini. Meski tidak menang, ia akhirnya mendapat gelar sebagai Aktor Pendukung Terbaik versi Academy Awards pada tahun 1997 untuk film Good Will Hunting. Ia pun meraih Golden Globe untuk perannya dalam film tersebut.

 

Film Good Morning, Vietnam sendiri berlatar di Saigon tahun 1965. Williams berperan sebagai penyiar radio terkenal. Dalam profesinya ini, Williams menjadi penyiar yang selalu membuat atasan-atasannya kesal. Para penonton selalu ingat dengan kalimat, “Goooooooood morning, Vietnaaaam!” yang diucapkan Williams.

 

3. Dead Poets Society (1989)

Tak hanya berperan sebagai aktor komedi, Williams pun mengambil peran dalam film drama. Di film Dead Poets Society, ia menjadi seorang guru bahasa Inggris yang menginspirasi murid-muridnya. Dalam peran ini, ia meraih piala Oscar untuk kategori Aktor Terbaik. Murid-murid memanggilnya dengan, “O Captain! My Captain!”. Ethan Hawke dan Josh Charles ikut berperan sebagai murid Williams.

 

4. The Fisher King (1991)

Ia mendapat piala Oscar yang ketiga setelah berperan dalam The Fisher King. Williams dinobatkan sebagai Aktor Terbaik, dalam aktingnya sebagai pria tunawisma yang mencari Piala Suci. Selain itu, ia pun memenangkan Golden Globe untuk kategori Aktor Terbaik Komedi atau Musikal.

 

5. Aladdin (1992)

Dalam film ini, Williams menunjukkan kemampuan vokalnya untuk mengisi suara tokoh jin berwarna biru. Penghargaan Golden Globe diraih melalui film ini. Selain mengisi suara di film Aladdin, Williams juga menjadi pengisi suara untuk film Robots (2005) dan Happy Feet (2006).

 

ROBIN WILLIAMS selanjutnya

6. Mrs. Doubtfire (1993)

Apa yang bisa terlihat lebih lucu dibanding menyaksikan Williams mengenakan gaun dan berbicara dengan aksen British palsu? Film ini membuat Williams meraih piala Golden Globe lagi. Film ini pun mencatat pemasukan tertinggi kedua di Amerika Serikat sebesar US$ 219 juta. Hanya film Night At The Museum (2006) yang mampu mengalahkannya. Bahkan dalam Night At The Museum, Williams pun mengambil peran sebagai Theodore Roosevelt.

 

7. The Birdcage (1996)

Di sini, Williams berperan bersama komedian Nathan Lane. The Birdcage merupakan produksi ulang film komedi Prancis-Italia berjudul La Cage aux Folles (1996). Keduanya berperan sebagai pasangan gay yang harus menutupi hubungan mereka saat putra Williams jatuh cinta dengan putri seorang politikus konservatif.

 

8. Good Will Hunting (1997)

Akhirnya, Williams meraih piala Oscar untuk kategori Aktor Pendukung Terbaik dalam perannya sebagai seorang terapis. Dalam film ini, Damon dan Ben Affleck juga memenangkan Oscar untuk ‘Best Original Screenplay’. Film ini bercerita tentang hubungan Damon dan William yang hangat.

 

Saat menerima penghargaan, Williams berkata, “Pertama, saya ingin berterima kasih untuk ayah saya, di atas sana.” Ia bercerita, saat mengungkapkan niat untuk menjadi seorang aktor, ayahnya berpesan, “Luar biasa. Jangan lupa mencari pekerjaan sampingan seperti tukang las.”



 

9. Patch Adams (1998)

Film ini mendapat kritik yang kurang menyenangkan. Namun, orang-orang akhirnya sadar mengapa Williams cocok memerankan dokter yang percaya bahwa kekuatan tertawa bisa menyembuhkan, dalam film drama komedi ini. Peran Williams sebagai dokter yang lucu berhasil membuat film ini meraih US$ 200 juta di seluruh dunia.

 

10. One Hour Photo (2002)

Ini merupakan peran paling mengerikan yang dijalani Williams sebagai teknisi foto kesepian yang terobsesi dengan satu keluarga. Semula, Jack Nicholson diminta memainkan peran tersebut, tapi ia permintaan ini ditolaknya. Peran Williams dalam film tersebut membuatnya memenangkan Saturn Award sebagai Aktor Terbaik.

 







Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya