SOLOPOS.COM - ilustrasi (google img)

Harianjogja.com, JOGJA-Sampai saat ini memang belum ada pernyataan resmi mengenai penyebab pasti Robin Williams meninggal. Kendati demikian, petugas setempat sempat menyampaikan dua poin mengenai kematian Robin Williams, yakni bunuh diri dan asphyxia. Lalu apa itu asphyxia?

Berdasarkan definisi yang ada di wikipedia, asphyxia merupakan kondisi tubuh yang mengalami kekurangan suplai oksigen. Akibatnya, orang tersebut mengalami kesulitan bernafas. Sebagai contoh, tersedak dll. Tanpa penanganan yang tepat, pasien yang mengalami asphyxia dapat berujung pada koma atau meninggal.

Promosi Pelaku Usaha Wanita Ini Akui Manfaat Nyata Pinjaman Ultra Mikro BRI Group

Sementara sumber yang lain menjelaskan penyebab asphyxia terbagi menjadi dua. Kategori wajar atau pasien mengalami asphyxia karena penyakit tertentu. Sementara kategori kedua, tergolong tidak wajar.

Khusus kategori kedua, penyebabnya dapat diturunkan menjadi lima faktor. Seperti strangulation (tercekik), baik karena tergantung, terjerat atau tercekik pada umumnya. Kemudian dapat juga karena suffocation (sesak nafas) lantaran ada asap, tersedak atau tersumbat. Faktor ketiga dapat berupa tekanan dari luar tetapi di sekitar dada. Selain itu tenggelam dan sesak nafas karena terpapar gas tertentu juga disebut-sebut sebagai penyebab asphyxia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya