SOLOPOS.COM - Pembangunan tanggul rob di Terboyo, Genuk, Kota Semarang, Jateng, Jumat (16/6/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra)

Rob Semarang dipastikan Wali Kota Hendrar Prihadi tak akan mengganggu aktivitas Terminal Terboyo pada musim mudik Lebaran 2017.

Semarangpos.com, SEMARANG —  Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi optimistis Terminal Terboyo Semarang sudah kering dari genangan air akibat rob mulai H-7 Lebaran 2017. Limpasan air laut ke daratan itu dipastikannya tak akan mengganggu aktivitas bus pada masa angkutran mudik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami yakin Terminal Terboyo Semarang pada H-7 atau setidaknya H-5 sudah kering dari rob,” kata Hendi—sapaan akrab Hendrar Prihadi—di Semarang, Kamis (15/6/2017).

Ekspedisi Mudik 2024

Pemerintah Kota Semarang tetap memfungsikan Terminal Terboyo untuk melayani pemudik pada Lebaran tahun ini meskipun statusnya sudah beralih dari terminal tipe C yang digunakan untuk terminal barang. Namun, beberapa waktu ini, rob sempat menggenangi Terminal Terboyo dan sekitarnya sehingga menyulitkan akses, baik bus maupun masyarakat ke terminal tersebut.

“Kenapa kami yakin kering? Karena proyek pembangunan tanggul atau seat pile di sungai-sungai sekitar Terminal Terboyo minggu lalu sudah jalan lagi,” kata orang nomor satu di Kota Semarang itu.

Diakuinya, pembangunan seat pile di sungai sekitar Terminal Terboyo sempat terhenti karena ada persoalan dengan warga, yakni pemilik pabrik di kawasan itu, namun sudah terselesaikan. “Kemarin memang sempat terhenti karena ada persoalan dengan warga, tepatnya pemilik pabrik. Tetapi, sudah kami fasilitasi dan proyek jalan lagi,” katanya.

Namun, kata Hendi, jika situasi tetap tidak memungkinkan, yakni rob tetap menggenang, maka planning alternatif memindahkan transit bus ke Terminal Mangkang mungkin akan diambil.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang Muhammad Khadik membenarkan Terminal Terboyo tetap dikelola Pemkot Semarang yang rencananya akan dijadikan sebagai terminal barang. Namun, kata dia, pembangunan Terminal Terboyo sebagai terminal barang baru dilakukan tahun depan sehingga tahun ini rencananya tetap difungsikan melayani arus mudik dan balik Lebaran 2017.

“Kami akan manfaatkan Terminal Terboyo untuk melayani pemudik pada arus mudik Lebaran ini. Jadi, bus AKDP [antarkota dalam provinsi] dan AKAP [antarkota antarprovinsi] bisa masuk,” katanya.

Untuk genangan rob, kata dia, sudah dikomunikasikan dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana yang terus melakukan percepatan penanganan rob, yakni dengan tanggul-tanggul sungai. “Saluran di depan terminal sudah proses peninggian menggunakan parapet. Kami terus berkeliling mencari celah di mana air laut masuk. Namun, bersama Dinas PU tetap kami siapkan pompa air,” pungkas Khadik.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya