SOLOPOS.COM - Arus lalu lintas kendaraan bermotor mengantre perlahan di Jl. Kaligawe, Kota Semarang yang tergenang rob atau banjir akibat limpasan air laut, Kamis (9/6/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra)

Rob Semarang diprediksi bakal meningkat sepanjang masa arus balik pada musim mudik Lebaran 2016.

Semarangpos.com, SEMARANG — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Maritim memprediksikan puncak pasang air laut di kawasan pesisir utara Kota Semarang akan terjadi selama masa arus balik musim mudik Lebaran 2016. Dengan memuncaknya pasang air laut itu risiko terjadinya rob atau limpasan air laut ke daratan pun meningkat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Puncak pasang air laut diprakirakan terjadi hingga 12 Juli,” ungkap Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Maritim Semarang Retno Widyaningsih di Semarang, Jumat (8/7/2016).

Menurut dia, ketinggian puncak pasang air laut akan mencapai 1 m atau sekitar 10 cm di atas ketinggian normal. Pasang air laut di pesisir Kota Semarang berpotensi menyebabkan limpasan yang masuk ke darat atau rob di sejumlah wilayah.

Retno menjelaskan puncak pasang laut tersebut diperkirakan terjadi mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Pasang air laut kali ini, lanjut dia, bertepatan dengan awal bulan baru, yakni bukan bulan Syawal.

Sebelumnya diberitakan, rob berisiko terjadi di jalur mudik di Jl. Raya Kaligawe Kota Semarang yang menghubungkan Kota Semarang dengan wilayah Kabupaten Demak. Upaya mengatasi rob sudah dilakukan pemerintah dengan memasang sejumlah pompa air untuk mengurangi genangan. Sejumlah pompa bantuan dari pemerintah pusat cukup efektif mengurangi genangan rob di jalur jalan pantura tersebut.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya