SOLOPOS.COM - Panorama Pantai Sendang Sikucing Kendal. (birohumas.jatengprov.go.id)

Rob di Kendal mengancam eksistensi objek wisata Pantai Sendang Sikucing.

Semarangpos.com, SEMARANG – Pantai Sendang Sikucing, Rowosari terkikis rob dan abrasi yang melanda sepanjang pantai utara Kendal. Diprediksi objek wisata alam terancam punah dalam kurun waktu delapan tahun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sejak 2008, kawasan objek wisata andalan itu dilanda rob atau limpasan air laut yang naik ke daratan. Dari waktu ke waktu, air laut semakin parah menggenangi pantai sehingga kini sudah sampai ke gerbang Sendang Sikucing.

Sementara itu, pengikisan air laut terhadap daratan atau abrasi terus berlangsung dari waktu ke waktu terhadap pantai utara Kendal. “Kami khawatir, kalau terus menerus dibiarkan, bisa-bisa rob menggenangi seluruh kawasan wisata Pantai Sendang Sikucing sehingga nantinya sudah tidak layak lagi menjadi tempat wisata atau bisa dikatakan telah hilang akibat tergenang rob,” kata pengelola objek wisata Pantai Sendang Sikucing, M. Rozi, sebagaimana dipublikasikan Jatengprov.go.id, Jumat (22/6/2016).

Menurut Rozi, apa bila tidak ada upaya serius dari pemerintah untuk menangani masalah rob tersebut, maka diperkirakan dalam kurun waktu delapan tahun ke depan objek wisata pantai tersebut bisa hilang.  Pasalnya, lanjut dia,  kondisi saat ini rob sudah parah, ditambah lagi dengan abrasi di kawasan Pantai Sendang Sikucing yang semakin menjorok ke daratan.

“Kondisi ini menyebabkan rob yang masuk ke kawasan Sendang Sikucing tidak dapat keluar akibat letaknya yang lebih rendah dari lautan,” ujar staf Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kendal ini.

Untuk mengatasi rob tersebut, sambung Rozi, dilakukan penanggulangan secara swadya bersama dengan nelayan sekitar dengan melakukan pembuatan selokan agar air rob dapat mengalir kembali ke pantai. “Kalau dibuatkan selokan, maka air rob akan terus menggenangi kawasan wisata,” tandasnya.

Dia berharap, ada kepedulian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal untuk mengatasi rob dan abrasi di kawasan objek wisata Sendang Sikucing tersebut.  “Kami tidak berharap pemberian fasilitas baru, cukup meminta Pemkab Kendal melakukan penanganan rob dan abrasi agar kawasan wisata ini bisa ditata untuk menjadi salah satu objek wisata di Kendal,” harapnya.

Dia menduga penyebab rob dan abrasi di Sendang Sikucing karena adanya berbagai pembangunan infrastruktur baru di sekitar kawasan pantai, dalam kurun beberapa tahun terakhir. “Ada dugaan pembangunan break water dan beberapa infrastruktur baru lainnya menyebabkan air laut justru mengalir menuju kawasan wisata Pantai Sendang Sikucing,” ujarnya.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya