SOLOPOS.COM - Kroasia dan Argentina bertemu di semifinal Piala Dunia 2022 (Twitter @FIFAWorldCup)

Solopos.com, SOLO—Kroasia dan Argentina tetap berada di jalur road to final Piala Dunia 2022 seusai melewati Brasil dan Belanda  lewat drama adu penalti di babak perempat final pada Jumat (9/12/2022) malam dan Sabtu (10/12) dini hari WIB.

Lionel Messi memimpin Argentina mengalahkan Belanda dengan skor 6-5 (2-2) pada pertadingan di Lusail Stadium Al Daayen, Sabtu dini hari WIB. Drama adu penalti dilakukan setelah skor sama kuat 2-2 pada waku normal hingga tambahan waktu atau extra time.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Argentina unggul dua gol lebih dulu melalui Nahuel Molina pada menit ke-35 dan penalti Lionel Messi menit 73. Wout Weghorst menyelamatkan Belanda dari kekalahan dengan mencetak brace pada menit ke-83 dan 90+11.

 Baca Juga: Atasi Belanda 6-5 Lewat Adu Penalti, Argentina ke Semifinal Piala Dunia 2022

Ekspedisi Mudik 2024

Berdasarkan catatan Transfermarkt, Belanda menguasai ball possession sebanyak 52 persen. Namun total tembakan ke gawang Argentina lebih banyak yaitu 14 kali sedangkan Belanda 6 kali.

Argentina lolos ke semifinal Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Belanda dengan skor 4-3 di babak adu penalti. Kiper Argentina Emiliano Martinez menjadi pahlawan dengan menepis dua tendangan pemain Belanda, Van Dijk dan Steven Berghuis. Tiga pemain Belanda lainnya sukses menjalankan tugas yaitu Teun Koopmeiners, Wout Weghorst dan Luuk de Jong.

Sementara pemain Argentina hanya gagal sekali lewat Enzo Fernandez. Empat pemain lainnya sukses menjadi algojo yaitu Lionel Messi, Leandro Paredes, Gonzalo Montiel dan Lautaro Martinez.

Baca Juga: Adu Penalti Lagi, Kroasia Atasi Brasil 5-3 dan Lolos Semifinal Piala Dunia 2022 

Pada laga lebih awal, Jumat (9/12) malam WIB, Kroasia kembali melewati adu penalti untuk melangkah ke semifinal Piala Dunia 2022. Kroasia mengatasi juara dunia lima kali Brasil 5-3 pada perempat final di Education City Stadium Doha.

Adu penalti harus dilakukan menyusul hasil imbang 1-1 pada extra time. Neymar sempat membawa Brasil unggul pada menit ke-105+1 lewat aksi two-one-two dari tengah lapangan sebelum melewati kiper Dominik Livakovic dan menyelesaikannya di depan gawang Kroasia.

Kroasia membalas melalui pemain pengganti Bruno Petkovic pada menit ke-117. Menerima umpan Mislav Orsic, Petkoviv melepaskan tembakan dari tengah area penalti yang mengarah ke pojok kiri gawang.

Baca Juga: Babak Kedua Berakhir 0-0, Kroasia vs Brasil Lanjut Extra Time

Pada duel adu penalti, seluruh pemain Kroasia sukses melaksanakan tugasnya, mulai dari Nikola Vlasic, Lovro Mejer, Luka Modric dan Mislav Orsic. Sedangkan algojo Brasil hanya Casemiro dan Pedro yang berhasil. Penendang pertama Brasil Rodrygo dan algojo keempat Marquinhos gagal melaksanakan tugasnya dengan sempurna.

Kroasia sebelumnya mengalahkan Jepang di babak 16 besar juga lewat drama adu penalti dengan skor 4-2.

Pada laga ini, Kroasia unggul tipis dalam penguasaan bola sebesar 50,4 persen, menurut catatan Transfermarkt. Namun Brasil unggul telak dalam hal  tembakan ke gawang yaitu 20 kali sedangkan Kroasia 9 percobaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya