Tutup Iklan

Road to Final Liga Champions: Tuchel Bikin Pertahanan Chelsea Kian Solid

Tuchel membawa Chelsea melewati fase knock-out dengan mengalahkan tim-tim kuat yakni Atletico Madrid, Porto, hingga Real Madrid.

 Chelsea bertandang ke kandang Manchester United di Old Trafford, Sabtu (24/10/2020). (Instagram-@chelseafc)

SOLOPOS.COM - Chelsea bertandang ke kandang Manchester United di Old Trafford, Sabtu (24/10/2020). (Instagram-@chelseafc)

Solopos.com, PORTO – Pertahanan solid mengantarkan Chelsea sukses melaju ke final Liga Champions 2020/2021. Di partai puncak di Estadio do Dragao, Porto, Portugal, Minggu (30/5/2021) dini hari WIB.

Chelsea mengalami pergantian pelatih di tengah musim. Frank Lampard digantikan Thomas Tuchel pada akhir Januari 2021 atau setelah The Blues melewati fase grup.

The Blues yang memang tampil solid sejak fase grup mampu dibuat Thomas Tuchel semakin garang lagi. Tuchel membawa Chelsea melewati fase knock-out dengan mengalahkan tim-tim kuat yakni Atletico Madrid, Porto, hingga Real Madrid.

Baca Juga: Road to Final Liga Champions: Ngeri! Man City Tidak Terkalahkan

Memang, penampilan Chelsea di liga domestik tak sebaik yang mereka tunjukan di kompetisi benua biru. Mereka kalah di final Piala FA dan cuma finis keempat di Liga Inggris.

Meski demikian, Tuchel yang musim lalu membawa Paris Saint-Germain (PSG) ke final Liga Champions meski harus kalah 0-1 kontra Bayern Munich, punya kans mempersembahkan trofi Si Kuping Besar di musim perdananya menangani Chelsea.

Bagi Chelsea ini merupakan final Liga Champions ketiga mereka sejak kalah dari Manchester United pada 2008, dan memenangi kompetisi pada 2012.

Baca Juga: Machester City Vs Chelsea: Ogah Jemawa, Tuchel Siapkan Algojo Penalti

Berikut perjalanan Chelsea melaju ke final Liga Champions 2020/2021:

Fase Grup

Chelsea yang saat itu masih ditukangi Frank Lampard, tampil apik di fase Grup E. Mereka tak pernah kalah dengan rincian empat kemenangan dan dua imbang.

Pada periode itu, Chelsea bermain imbang 0-0 dengan Sevilla di laga perdana Grup E, sebelum menang empat kali beruntun kontra Krasnodar (0-4), Rennais (3-0), Rennais (1-2), dan Sevilla (0-4).

Namun pada pertandingan penutup, The Blues cuma bermain imbang 1-1 dengan Krasnodar dalam laga di Stamford Bridge yang dihadiri 2.000 penonton.

Meski gagal menang, tambahan satu poin sudah cukup mengantarkan Chelsea lolos ke fase knock out dengan status juara Grup E.

Baca Juga: Final Liga Champions: City Incar Treble, Chelsea Cari Pelipur Lara

Babak 16 Besar

Di babak 16 besar, Chelsea selalu juara grup E dihadapkan dengan Atletico Madrid yang lolos dari Grup A dengan status runner-up.

Tim asal London itu benar-benar mampu menjinakan skuad besutan Diego Simeone yang terkenal tangguh dalam bertahan.

Pada leg pertama, Atletico dihajar Chelsea dengan skor 0-1 di Estadio Wanda Metropolitano. Sementara di leg kedua, Chelsea kembali nirbobol dengan kemenangan 2-0.

Puncaki Transfermarkt Liga 2, Pemain Persis Solo Berharga Rp28,25 Miliar

Perempat Final

Melaju ke perempat final dengan catatan nirbobol membuat motivasi Chelsea kian tinggi untuk melangkah jauh di Liga Champions musim ini.

Di babak delapan besar ini, mereka dipertemukan dengan raksasa Portugal, FC Porto yang menghancurkan Juventus di babak 16 besar.

Chelsea tercatat cukup kesulitan menghadapi jawara Portugal. Sempat menang 2-0 di laga tandang, The Blues justru kalah 0-1 di Stamford Bridge kendati agregat 2-1 tetap membuat mereka lolos ke semifinal.

Dicoret Persis Solo, Hapidin Merapat ke Persijap Jepara

Semifinal

Di laga semifinal, Chelsea dihadapkan dengan klub paling dominan di ajang Liga Champions yakni Real Madrid.

Berstatus sebagai underdog dalam laga ini, Thomas Tuchel secara cerdik sukses mematikan eksplosifitas para pemain Los Blancos.

Chelsea menahan imbang Real Madrid 1-1 di Estadio Alfredo Di Stefano, sebelum menghajar pasukan Zinedine Zidane dengan skor 2-0 di rumah sendiri.

Hasil itu membuat Chelsea melaju ke final Liga Champions dengan catatan menarik dalam aspek pertahanan. Sejak babak grup hingga semifinal, mereka cuma kebobolan empat kali saja.

 

 


Berita Terkait

Espos Plus

Cerpen Selendang Bidadari

+ PLUS Cerpen Selendang Bidadari

Siapa tahu keberadaan bidadari itu bukanlah sekadar dongeng seperti pemikirannya selama ini. Mereka sedang mandi saat ini dan Darodin ingin mencuri selendangnya, satu saja.

Berita Terkini

Kelelahan Hebat Minions Diklaim Penyebab Gagal Juara

Kelelahan yang dialami pasangan berjuluk Minions ini merupakan akumulasi dari panjang dan padatnya jadwal pertandingan sejak bulan Oktober di tur Eropa.

Keren, Dechapol/Sapsiree Sikat Bersih 3 Gelar Ganda Campuran IBF 2021

Sukses besar diraih ganda campuran Thailand Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai yang memboyong tiga gelar juara dari ajang Indonesia Badminton Festival (IBF) 2021.

Final BWF World Tour: Kevin/Marcus Hadapi Hoki/Kobayashi asal Jepang

Jadwal Final BWF World Tour Finals 2021 akan dilaksanakan, Minggu (5/12/2021) mulai pukul 12.00 WIB di Nusa Dua, Bali.

Manchester City Bercokol di Posisi Puncak Seusai Tundukkan Watford 3-1

Manchester City merebut posisi puncak klasemen Liga Inggris seusai membekuk Watford 3-1 dalam laga pekan ke-15 di Stadion Vicarage Road.

West Ham Tundukkan Chelsea, Liverpool Menang Atas Wolverhampton

West Ham United merontokkan rekor pertahanan Chelsea demi meraih tiga poin dalam laga pekan ke-15 Liga Inggris. West Ham menang dengan skor 3-2.

Mantap! Marcus/Kevin Lolos ke Semifinal BWF World Tour Finals

Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo sukses melaju ke babak final BWF World Tour Finals 2021.

Prediksi Skor Wolves vs Liverpool, The Reds Menang Selisih 2 Gol?

Pekan ke-15 Liga Premier Inggris akan menyajikan duel menarik antara Wolverhampton Wanderers melawan Liverpool.

Prediksi Skor dan Susunan Pemain West Ham vs Chelsea, Siapa Menang?

Pemuncak klasemen sementara Liga Premier Inggris, Chelsea, mendapat tantangan dari sesama tim London, West Ham United, pada pekan ke-15.

Peringatan Hari Disabilitas, Penyandang Berlatih Panjat Dinding di Solo

Sejumlah penyandang disabilitas mengikuti latihan panjat dinding perdana sekaligus deklarasi lahirnya Indonesian Paraclimbing Club (Indpac).

Greysia/Apriyani Kalah di Semifinal BWF World Tour Finals

Pasangan ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu gagal melaju ke partai puncak BWF World Tour Finals 2021.

Jadwal Liga Inggris Malam Ini, Wolves vs Liverpool Ditayangkan SCTV

Liga Premier Inggris kembali digeber pada akhir pekan ini setelah pada tengah pekan lalu juga memainkan laga.

Timnas Indonesia Tiba di Singapura, Egy dan Elkan Belum Gabung

Timnas Indonesia telah tiba di Singapura untuk terjun Piala AFF 2020 setelah menempuh perjalanan panjang dari Antalya, Turki, pada Kamis (2/12/2021) malam.

Jalan Terjal Persis Solo di Babak 8 Besar Liga 2

Persis Solo tergabung dalam Grup X bersama Sriwijaya FC, RANS Cilegon FC, dan Persiba Balikpapan dalam lanjutan babak delapan besar Liga 2 Indonesia.

Viral! Eks Striker Timnas Indonesia Tendang Suporter di Tribune

Eks striker Timnas Indonesia, Saktiawan Sinaga, melakukan aksi tak terpuji saat berlaga di Liga 3 bersama klub Medan Utama.

Statistik Iqbal Al Ghuzat, Bek PSG Pati yang Jadi Incaran Persis Solo

Persis Solo dikabarkan mengincar pemain PSG Pati, Iqbal Al Ghuzat, untuk menambah kekuatan pada babak 8 Besar kompetisi Liga 2.