SOLOPOS.COM - Rizman A. Nugraha (JIBI/Detik)

Rizman A. Nugraha menjadi orang Indonesia pertama yang bakal menginjakkan kaki di luar Angkasa.

Solopos.com, JAKARTA — Rizman A. Nugraha, 26, menjadi orang Indonesia pertama yang bakal terbang ke luar angkasa. Pria ini mengalahkan 83.000 peserta seleksi di space camp.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

“Awalnya karena ada sebuah perusahaan yang sedang mencari 3 orang finalis untuk space camp (misi ke luar angkasa). Saat itu ada 83 ribu orang yang mendaftar seluruh Indonesia, kemudian disaring,” ujar Rizman, Rabu (24/6/2015), dikutip Solopos.com dari Detik.

Untuk menyisihkan puluhan ribu pesaing pun rupanya memiliki banyak persyaratan. Berbagai tes akademis ditempuh hingga akhirnya Rizman berhasil masuk ke dalam 40 besar peserta Indonesia yang akan menjalani National Space Camp di Jakarta pada September 2013 lalu.

Ada rasa shock, dan rasa bangga di dalam diri Rizman ketika tahu dirinya akan menjadi astronot pertama dari Indonesia yang akan ke luar angkasa.

“Perasaan saya senang, bangga terus yang pasti bersyukur karena setidaknya mungkin ini rezeki nya. Kalau dibilang takut ya takut karena ini bisa dibilang percobaan seperti layaknya astronot zaman dulu dengan jiwa mereka yang pemberani. Setidaknya ketika nanti kembali ke bumi nanti bisa menjadi pahlawan,” kata dia sambil tersenyum.

Selama rangkaian misi pelatihan di Florida yang dipimpin oleh astronot senior Buzz Aldrin,  Rizman telah berhasil mengemudikan pesawat Air Combat USA, menjalani latihan seperti layaknya seorang Astronot dalam Astronaut Assault Course dan membuktikan dirinya bisa mengatasi kekuatan ledakan dalam jenis latihan G-Force Mission di Kennedy Space Center.

Rizman  akan terbang ke luar angkasa bersama seorang pilot  dengan pesawat luar angkasa berteknologi mutakhir berkapasitas dua orang yaitu XCOR Lynx Mark II. Pesawat luar angkasa ini akan menerbangkan Rizman setinggi 103 km dari Planet Bumi menembus batas luar angkasa dengan durasi perjalanan 60 menit.

Rencananya, dia akan terbang bulan Desember akhir tahun ini, atau paling lambat bulan Januari 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya