Rizal Djibran Simpan Sabu di Loteng Rumah

Rizal Djibran Simpan Sabu di Loteng Rumah

SOLOPOS.COM - Rizal Djibran. (Istimewa/Instagram)

Saat digeledah, polisi akhirnya mendapati barang bukti narkoba yang dimaksud.

Solopos.com, JAKARTA – Rizal Djibran resmi berstatus sebagai tersangka usai diamankan atas kepemilikan sabu seberat 0,66 gram pada 21 Januari 2018 di kawasan Tambun, Bekasi, Jawa Barat. Menurut keterangan Direktur Tindak Pidana Narkoba Mabes Polri, Brigjen Pol Eko Daniyanto, penangkapan Rizal dilakukan atas laporan warga.

"Jadi saya mendapat laporan dari Kasubdit 5 satu bulan lalu dipantau tentang adanya informasi laporan dari masyarakat. Yang jelas info tersebut ditanggapi oleh anggota Subdit 5, didalami dan dilaporkan ke Kasubdit," kata Brigjen Pol Eko di Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, Cawang, Jakarta Timur seperti dilansir Okezone, Selasa (27/2/2018).

Usai mendapat laporan warga, polisi melakukan pengintaian terhadap Rizal Djibran selama satu bulan hingga akhirnya melakukan penangkapan paksa di kediamannya. Saat digeledah, polisi akhirnya mendapati barang bukti narkoba yang dimaksud.

"Ternyata ada di lantai 3, loteng di atas. Di situ lengkap, alat isapnya, bong-nya, pipet-nya, sama narkoba 0,66 gram," terang Brigjen Pol Eko.

Ruangan itu juga yang menurut keterangan Brigjen Pol Eko digunakan oleh Rizal Djibran sebagai lokasi untuk menyembunyikan dan mengkonsumsi narkoba. Tempat tersebut sengaja didesain khusus oleh Rizal agar orang-orang sekitarnya tidak mengetahui kebiasaan buruk yang ia lakukan.

Selain menemukan barang bukti, polisi juga sudah mendengar pengakuan Rizal Djibran secara langsung. Di hadapan petugas, Rizal membenarkan dirinya memang pengguna narkoba.

"Setelah dilakukan pemeriksaan, benar satu hari sebelum penangkapan oleh Subdit 5 dia menggunakan. Pengakuan yang bersangkutan benar dia sudah lama pakai. Sekitar dua tahunan," tutur Brigjen Pol Eko.

Atas perbuatannya, Rizal Djibran pun resmi ditetapkan sebagai tersangka dan sudah ditahan oleh pihak berwajib. Selain itu, Rizal juga dikenakan Pasal 112 ayat (1) subsider Pasal 127 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana di bawah lima tahun.

Berita Terkait

Berita Terkini

Patuh! Sejumlah Wilayah di Wonogiri Tak Gelar Salat Idulfitri di Lapangan

Warga di sejumlah kecamatan di Wonogiri diklaim tidak ada yang menjalankan Salat Idulfitri di lapangan/gedung, Kamis (12/5/2021).

2 Anggota KKB di Illaga Papua Tewas Saat Baku Tembak dengan Koppasus

Dua anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) tewas akibat baku tembak dengan TNI di Illaga, Papua, Kamis (13/5/2021).

Super Ketat, Begini Penerapan Prokes Salat Idulfitri Gibran-Selvi & Pejabat Pimpinan Daerah

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dan istrinya, Selvi Ananda, menunaikan Salat Idulfitri tahun 2021 di Pendapi Gede Balai Kota Solo, Kamis (13/5/2021).

Kisah Sukses Wagirin, Perintis Soto Girin Sragen yang Populer Hingga 3 Generasi

Begini kisah sukses di balik popularitas kuliner khas Sragen, Jawa Tengah, Soto Girin, yang sudah eksis sejak 1950-an.

Ustaz Djuriono yang Meninggal Saat Khotbah Idulfitri di Kalikotes Ternyata Guru SMKN Trucuk Klaten

Ustaz yang meninggal saat mengisi khotbah Idulfitri di Kalikotes, Klaten, ternyata seorang guru SMKN di Trucuk.

Korban Ledakan Petasan Maut di Kebumen Jadi 4 Jiwa

Korban tewas akibat ledakan petasan di Desa Ngabean, Kecamatan Mirit, Kebumen, Jawa Tengah bertambah satu orang.

Juragan Sembako di Semarang Disekap, Rp200 Juta Raib

Seorang wanita pemilik toko sembako di Jl. Dargo, Kota Semarang disekap perampok, uang sekitar Rp 200 juta hasil jualan milik korban raib.

144 Narapidana Rutan Solo Dapat Remisi Khusus

Sementara itu, saat Hari Raya Idulfitri Rutan Solo menerapkan tatap muka online melalui layanan video call.

149 Napi LP Kelas IIB Klaten Peroleh Remisi Tapi Tak Ada yang Langsung Bebas

Selain itu LP Kelas II B Klaten meniadakan pelayanan membesuk warga binaan secara tatap muka di tengah pandemi Covid-19.

Begini Suasana Salat Id di Masjid Al-Aqsa di Tengah Serbuan Israel

Ribuan umat muslim Palestina Kamis (13/5/2021) pagi waktu setempat, menggelar salat Id berjamaah di Masjid Al-Aqsa, Yerusalem.

Pulang Salat Id, Warga Ngrampal Meninggal Kena Jebakatan Tikus Berlistrik

Petani asal Dukuh Ngampunan, RT 22, Desa Kebonromo, Kecamatan Ngrampal, Sragen, meninggal di sawahnya, Kamis (13/5/2021) siang.

Tubuh Warga Kediri Terbelah Kena Ledakan Petasan Rakitan Sendiri

Seorang warga di Kediri, Jawa Timur, tewas akibat terkena ledakan petasan yang dia rakit sendiri pada malam takbiran, Rabu (12/5/2021).