Riwayat Ibu Presiden Jokowi Sudjiatmi Notomihardjo, Dari Tukang Jahit ke Bisnis Kayu
Ibu Presiden Jokowi saat menggunakan hak pilih di Pilpres 20019. (Solopos/dok)

Solopos.com, SOLO – Ibu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sudjiatmi Notomihardjo, 77, meninggal dunia di Solo, Rabu (25/3/2020). Mendiang Sudjiatmi ini semasa mudanya dikenal sebagai ahli kayu.

Kabar Duka: Ibu Presiden Jokowi Meninggal

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Sudjiatmi muda pernah menekuni usaha menjahit. Namun, usaha ini mulai ditinggalkan sejak ia menikah dengan suaminya, Notomiharjo pada 23 Agustus 1959. Keluarga Notomiharjo juga menekuni bisnis kayu dan tinggal di daerah Srambatan, Solo.

Notomihardjo menekui bisnis kayu ini juga dibantu kakek Jokowi, Wirorejo, yang lebih dulu menekui usaha perkayuan.

Lahir di Tengah Wabah Covid-19, Anak Ini Dinamai Siva Korona

“Nah, Bu Sudjiatmi dan Pak Noto itu mulai kerja belakangan, yang bimbing orang tua saya,” ucap kaka kandung Sudjiatmi, Miyono Suryo Sarjono, sebagaimana dikutip Solopos.com dari Detik.com, Rabu (25/3/2020).

Sudjiatmi yang semula menjalani usaha menjahit lalu beralih ke bisnis kayu. Sebab, ia dikenal sebagai sosok yang sangat piawai membedakan jenis kayu hanya dari teksturnya.

Pengusaha Konfeksi Klaten Bikin APD Dibagikan Gratis ke RS Rujukan Corona

Notomihardjo lalu membangun bengkel gergaji kayu di rumahnya Kampung Cinderejo Lor pada 1962. Mesin gergaji yang dipakainya waktu itu masih manual.
Usaha mereka terbilang maju. Lebih-lebih kala itu pesaing dalam bisnis kayu relatif tak banyak.

Update! Positif Corona Indonesia 790 kasus, Sembuh Tambah 1

Pada saat terjadi tragedi 1965, situasi Solo tidak kondusif. Namun, untungnya, hal itu tidak berdampak ke bisnis kayu yang Sudjiatmi dan Notomihardjo jalankan selama ini.

Resepsi Ditunda, Pengelola Sewa Gedung Sukoharjo Rugi Puluhan Juta

Namun, pada 1970-an, rumah mereka di Cinderejo yang lokasinya di pinggir Kali Pepe itu terdampak penggusuran akibat proyek perluasan Pasar Pring dan terminal truk. Sudjiatmi dan suami lalu pindah rumah ke Jl. Ahmad Yani No. 331.

Dikelola oleh tangan dingin Sudjiatmi Notomihardjo ini, bisnis kayunya berkembang pesat.

Sumber: Detik.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho