Solopos.com, MAGELANG — Sejumlah seniman bersama sesepuh adat melaksanakan ritual Tapak Jaran Sembrani di Sungai Gendu kawasan lereng Gunung Merbabu Desa Warangan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (27/11/2022).

PromosiMitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tradisi turun temurun tersebut dilakukan untuk menjaga mata air Tapak Jaran Sembrani yang diyakini warga dapat mengobati penyakit mata sekaligus untuk melestarikan lingkungan sungai melalui seni budaya.

Menurut kepercayaan warga, Tapak Jaran Sembrani merupakan cekungan yang berada di dekat air Seklarak merupakan bekas kaki kuda Sembrani.

 

Sejumlah seniman melaksanakan kirab ritual Tapak Jaran Sembrani menuju sungai Gendu di kawasan lereng Gunung Merbabu Desa Warangan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (27/11/2022). (Antara/Anis Efizudin)

 

Tradisi yang dilaksanakan turun temurun tersebut untuk menjaga mata air Tapak Jaran Sembrani yang diyakini warga dapat mengobati penyakit mata. (Antara/Anis Efizudin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi