Ritual dan Pesugihan di Gunung Srandil Cilacap

Gunung Srandil di Cilacap, Jawa Tengah, menjadi destinasi wisata religi populer yang sering didatangi peziarah, termasuk untuk pesugihan.

 Salah satu petilasan di Gunung Srandil, Cilacap, Jawa Tengah. (Disporpar.cilacapkab.go.id)

SOLOPOS.COM - Salah satu petilasan di Gunung Srandil, Cilacap, Jawa Tengah. (Disporpar.cilacapkab.go.id)

Solopos.com, CILACAP — Gunung Srandil di Desa Glempangpasir, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, merupakan destinasi wisata religi populer. Tidak sedikit orang yang datang untuk berziarah, melakukan ritual, hingga mencari berkah lewat pesugihan di kawasan tersebut.

Dikutip dari laman Disporpar Cilacap, Senin (17/1/2022), gunung tersebut menyimpan bukti sejarah yang luar biasa bagi masyarakat Indonesia serta dunia. Kawasan ini selalu ramai dikunjungi peziarah dari berbagai tempat setiap harinya.

PromosiCatatan Walhi untuk Rencana Elon Musk Berinvestasi di Indonesia

Kebanyakan peziarah berkunjung pada malam Selasa Kliwon maupun Jumat Kliwon pada bulan Suro. Kebanyakan mereka datang untuk berziarah, namun tidak sedikit pula yang melakukan ritual, termasuk pesugihan.

Baca juga: Jejak Ki Semar di Gunung Srandil Cilacap, Sering Jadi Tempat Ritual

Objek wisata ini berupa bukit yang dikelilingi pepohonan. Di area gunung tersebut terdapat beberapa petilasan yang menjadi tujuan para peziarah.

Dikutip dari Wikipedia, makam yang berada di Gunung Srandil dibagi menjadi dua bagian yaitu lokasi di bawah ada lima titik pepunden dan dua titik lainnya ada di puncak Gunung Srandil. Kesemuanya merupakan rangkaian yang berurutan apabila hendak berziarah.

Baca juga: Gunung Srandil, Destinasi Wisata Religi Cilacap yang Dipenuhi Petilasan

Dimulai dari Eyang Guru atau Eyang Sukma Sejati, Eyang Sejati Kunci Sari Dana Sari. Selanjutnya Gusti Agung Sultan Murahidi.
Kemudian Nini Dewi Tunjung Sekar Sari sebagai pendamping atau istri dari Eyang Semar. Makam selanjutnya adalah Eyang Semar atau Kaki Tunggul Sabdo Jati Doyo Amung Rogo yang berada di samping istrinya.

Petilasan selanjutnya adalah milik Eyang Juragan Dampu Awang alias Sunan Kuning. Dilanjutkan petilasan Eyang Langlang Buana yang merupakan titisan Dewa Wisnu. Makam terakhir di Gunung Srandil adalah milik Mayang Koro atau Hanoman.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

5 Abad Perjalanan Panjang Inggris Legalkan LGBT Melalui Reformasi Hukum

+ PLUS 5 Abad Perjalanan Panjang Inggris Legalkan LGBT Melalui Reformasi Hukum

UU Buggery yang disahkan parlemen Inggris pada masa pemerintahan Henry III pada 1533 menyatakan homoseksual merupakan perbuatan ilegal. Lima abad kemudian, tepat pada 17 Juli 2013, Inggris melegalkan pernikahan sesama jenis melalui reformasi undang-undang.

Berita Terkini

4 Kepala Daerah di Jateng Ini Mengakhiri Masa Jabatannya Minggu Ini

Berikut nama-nama kepala daerah di Jawa Tengah (Jateng) yang mengakhiri masa jabatannya pada Minggu (22/5/2022).

Luasnya Hanya 8 Km Persegi, Ini Kecamatan Terkecil di Cilacap

Meski menjadi kabupaten terluas di Jateng, namun Cilacap memiliki kecamatan sangat kecil yaitu hanya 8 kilometer (km) persegi.

Tahukah Kamu? Ini Alasan Lasem di Rembang Disebut Little Tiongkok

Ini dia alasan kenapa Lasem di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah (Jateng), mendapat julukan sebagai Little Tiongkok atau Tiongkok Kecil.

Ternyata Bus Bumel di Jateng Paling Banyak Ada di Daerah Ini

Data Dinas Perhubungan Jawa Tengah pada 2021 menyebutkan bus dalam provinsi dengan kategori lambat atau bumel mencapai 3.759 unit bus.

Sip! Pati Tambah 12 Desa Wisata Baru

Sebanyak 12 desa wisata baru di Kabupaten Pati, Jawa Tengah (Jateng), resmi dikukuhkan.

Punya Penumpang Setia, Segini Jumlah Bus Bumel di Jateng

Populasi bus bumel di Jateng tergolong masih banyak. Bahkan, Jateng merupakan daerah dengan jumlah bus AKAP terbanyak di Indonesia.

Sesaji Rewanda Semarang, Saatnya Para Kera Berpesta

Sesaji Rewanda, pesta untuk para kera yang dilaksanakan tiap tanggal 3 Syawal oleh warga kampung Talun Kacang, Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunung Pati, Semarang.

Gantikan Yuliyanto, Sinoeng Jabat Pj Wali Kota Salatiga

Kepala Disporapar Jateng, Sinoeng N. Rachmadi, diangkat sebagai Pj Wali Kota Salatiga menggantikan Yuliyanto yang masa jabatannya berakhir pada 22 Mei 2022.

Heboh! Kawanan Harimau Dikabarkan Muncul di Area Sawah Banjarnegara

Masyarakat Desa Penawaran, Banjarnegara, dihebohkan dengan kemunculan kawanan harimau di areal persawahan.

Epilepsi Kambuh, Remaja Batang Tenggelam di Sungai Sambong

Peristiwa tragis menimpa remaja penderita epilepsi asal Batang yang tenggelam di Sungai Sambong.

Pedasnya Nagih, Warung Makan Mangut Beong Magelang Ini Paling Legend

Kuliner khas Magelang yaitu mangut beong menawarkan sensasi pedas dalam masakannya. Bahkan, rasa pedas dari kuliner ini benar-benar bikin nagih.

Museum Lawang Sewu Tetap Minta Pengunjung Kenakan Masker

PT KAI Wisata selaku pengelola Museum Lawang Sewu di Semarang dan Museum Kereta Api Ambarawa belum menerapkan pelonggaran aturan penggunaan masker.

Cabuli Santri 9 Kali, Ustaz Ponpes Magelang Terancam 15 Tahun Penjara

Seorang ustaz sekaligus pengasuh ponpes di Kabupaten Magelang melakukan pencabulan kepada santrinya sebanyak 9 kali.

Tak Hanya Jateng, Semarang Juga Termasuk Kota Terpanas di Indonesia

Bukan hanya di Jawa Tengah saja, Kota Semarang juga termasuk kota terpanas di Indonesia dengan suhu 35 derajat Celcius.

Langka di China, Akar Tunjuk Langit asal Jawa Tengah Diekspor ke Taiwan

Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Semarang melepas 575 kilogram akar tunjuk langit asal Jawa Tengah untuk diekspor ke Taiwan, Jumat (13/5/2022), yang tergolong spesies langka hampir punah di China karena terlalu banyak yang menggunakan untuk pengobatan tradisional.