Riset Baterai Kendaraan Listrik, UNS Solo Dapat Saran Ini dari Moeldoko

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengunjungi pusat riset baterai lithium untuk kendaraan listrik di Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo.

 Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (kedua dari kanan) didampingi Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jamal Wiwoho (kedua dari kiri), melihat alur produksi baterai lithium di pusat pengembangan baterai listrik PUI PT Teknologi Penyimpanan Energi Listrik di gedung Pusbanglis UNS Solo, Selasa (7/12/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

SOLOPOS.COM - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (kedua dari kanan) didampingi Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jamal Wiwoho (kedua dari kiri), melihat alur produksi baterai lithium di pusat pengembangan baterai listrik PUI PT Teknologi Penyimpanan Energi Listrik di gedung Pusbanglis UNS Solo, Selasa (7/12/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, mengunjungi Pusat Unggulan Iptek Perguruan Tinggi (PUI-PT) Teknologi Penyimpanan Energi Listrik Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo, Selasa (7/12/2021).

Kedatangan Moeldoko itu untuk melihat langsung pengembangan baterai lithium yang telah dikerjakan UNS selama beberapa tahun terakhir. Moeldoko mengapresiasi sekaligus memberikan saran terkait upaya UNS Solo tersebut.

Ia menyampaikan pemerintah berkomitmen dalam pengembangan kendaraan bermotor ramah lingkungan. Produksi mobil listrik dalam negeri menjadi salah satu fokus pemerintah untuk menurunkan emisi karbon hingga 29%.

Namun hal ini perlu upaya lebih mengingat saat ini Indonesia masih mengimpor komponen-komponen kendaraan listrik, salah satunya baterai. Moeldoko mengatakan baterai merupakan salah satu komponen penting selain motor serta controller dalam industri mobil listrik. “Sejauh ini kita masih impor di tiga komponen itu,” ujarnya.

Baca Juga: Begini Pengaturan Lalu Lintas Kawasan Pasar Legi Solo Seusai Penempatan

Moeldoko mengatakan UNS Solo dapat menjadi partner strategis dalam riset dan pengembangan teknologi baterai. Sejauh ini pemerintah sudah bekerja sama dengan Institut Teknologi Surabaya (ITS) untuk pengembangan motor serta controller.

Moeldoko optimistis Indonesia dapat segera lepas dari ketergantungan dalam produksi mobil listrik melihat potensi anak negeri. Terkait pengembangan baterai listrik, Moeldoko berharap dua atau tiga tahun ke depan komponen baterai listrik dapat dipasok dalam negeri.

Partner Besar

“UNS perlu punya partner besar untuk mengembangkan riset-riset yang sudah dilakukan. Yang jelas, pemerintah punya orientasi kuat untuk mendorong produk dalam negeri,” ujar Moeldoko di UNS Solo.

Pemerintah telah mengeluarkan Perpres No 55/2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan. Meski demikian masih terdapat sejumlah kendala dalam pengembangan baterai listrik yakni ketiadaan fasilitas pengujian di dalam negeri.

Baca Juga: PPKM Level 3 Nataru Batal, Moeldoko: Pemerintah Pertimbangkan Ekonomi

Ketua PUI-PT Teknologi Penyimpanan Energi Listrik UNS Solo, Agus Purwanto, mengatakan fasilitas pengujian baterai yang sesuai skala nasional penting untuk pengembangan kendaraan listrik. “Sertifikasi baterai harus disesuaikan dengan kebutuhan nasional,” ujarnya.

Sementara itu Rektor UNS Solo, Jamal Wiwoho, mengatakan riset mengenai baterai lithium di UNS sudah dilakukan sejak 2012 silam. Baterai tersebut, imbuhnya, sudah diujicobakan pada sepeda listrik, motor listrik, dan mobil listrik.

“Melihat potensi ini, kami optimistis dengan masa depan pengembangan baterai lithium. Kami akan terus mengembangkan riset dengan mencari kemitraan agar dapat berproduksi lebih besar.”

Berita Terkait

Espos Plus

Geng QZRUH Dulu Anarkistis Sekarang Humanis

+ PLUS Geng QZRUH Dulu Anarkistis Sekarang Humanis

QZRUH yang pada era 1980-an hingga 1990-an dikenal sebagai geng remaja anarkistis di Kota Jogja kini mengubah citra menjadi geng dengan aneka kegiatan sosial. QZRUH Reborn berusaha mengubah citra geng ini menjadi lebih humanis.

Berita Terkini

Sosiolog UNS Solo: Penanganan Vandalisme Butuh Pemahaman Akar Persoalan

Menurut sosiolog, mengatasi kasus vandalisme yang marak di Kota Solo harus dengan pemahaman pada akar persoalan dan latar belakang munculnya aksi tersebut.

Tanpa Ini, Pemimpin Baru Mangkunegaran Solo Tidak akan Punya Otoritas

Pemimpin baru Pura Mangkunegaran Solo mempunyai tanggung jawab besar, termasuk dalam menjadi petugas hubungan masyarakat (humas).

Ada 80 IPAL, Pencemaran Limbah di Kali Jenes Solo Masih Saja Terjadi

Meski sudah ada 80 IPAL untuk mengolah limbah industri, pencemaran air Kali Jenes di Kota Solo terus saja terjadi dan menjadi keluhan masyarakat di sepanjang DAS.

Saran Warga Solo: Pelaku Vandalisme Dihukum Coret-Coret Rumah Sendiri

Pemkot Solo diharapkan lebih tegas dalam menerapkan aturan dan sanksi bagi para pelaku vandalisme, salah satunya hukuman mencoret-coret rumah sendiri.

Pedagang Gorengan di Sragen Kesulitan Dapat Minyak Goreng di Minimarket

Para pedagang kesulitan mendapatkan minyak di minimarket karena pembelian dibatasi dan saat mau beli sering habis.

Edukasi Budaya, KKN UGM Klego Gelar Lomba Mewarnai Wayang

Tim KKN Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menggelar lomba mewarnai wayang dan pameran lukisan wayang di Klego, Boyolali.

Bertahan Lebih dari 250 Tahun, Begini Kisah Perjalanan Pasar Legi Solo

Pasar Legi Solo telah melewati perjalanan panjang sejarah sejak kali pertama didirikan oleh Raden Mas Said alias Pangeran Sambernyawa alias Mangkunagoro I pada 1750-an.

DPC Partai Demokrat Boyolali Ingin Berkolaborasi dengan PDIP

Partai Demokrat Boyolali akan menjalin komunikasi dengan PDIP baik di tingkat DPC, PAC, maupun ranting.

Keren! Kisah Bakul Mi Ayam Solo Diangkat Jadi Serial Drama Komedi

Kisah nyata seorang bakul mi ayam di Kota Solo diangkat menjadi cerita drama seri komedi yang akan tayang di Youtube tak lama lagi.

Panasi Mesin, Partai Demokrat Boyolali Targetkan 1 Dapil 1 Kursi

DPC Partai Demokrat Boyolali menargetkan satu kursi di setiap daerah pemilihan (dapil) pada Pemilu 2024.

Hujan Angin Landa Karangmalang Sragen, 5 Rumah Tertimpa Pohon

Lima rumah di wilayah Bantar RT 007 Kecamatan Karangmalang Sragen tertimpa pohon setelah hujan deras disertai angin kencang di Sragen.

Uji Laboratorium Vaksin Booster, Antibodi Naik 100-800 Kali Lipat

Peningkatan antibodi sampai 100-800 kali lipat itu diketahui berdasarkan hasil uji laboratorium para nakes yang melakukan vaksinasi booster lebih dulu.

Menu Plaza Rawa Jombor Kini Bervariasi, Ada Soto hingga Chicken Katsu

Sejak pindah ke Plaza Kuliner Nyi Ageng Rakit, eks pengusaha warung apung Rawa Jombor kini tak hanya menyajikan menu olahan ikan air tawar.

Plaza Kuliner Rawa Jombor Dibuka, Diisi 17 Pedagang Eks Warung Apung

Dari 28 kios, Plaza kuliner Nyi Ageng Rakit kini diisi 17 pedagang yang sebelumnya memiliki usaha warung apung dan pemancingan di Rawa Jombor.

Tumbuh Cepat, Eceng Gondok Kembali Penuhi Rawa Jombor

Sekitar 20 persen dari total luas perairan Rawa Jombor hijau gegara tertutup tumbuhan air tersebut.

Seliweran di Kartasura Sukoharjo, 7 Motor Knalpot Brong Disita Polisi

Tujuh pengendara motor yang menggunakan knalpot brong dan berkeliaran di wilayah Kartasura, Sukoharjo, terjaring razia dan motornya disita.