Rio Waida Dipercaya Bawa Merah-Putih di Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020

Rio Waida akan mengenakan pakaian adat Bali yang terdiri atas sarung, atasan hitam, dan udeng untuk bagian kepala, saat membawa bendera Merah-Putih di pembukaan Olimpiade Tokyo 2020.

 Peselancar Indonesia Rio Waida melakukan latihan di Pantai Legian, Badung, Bali. (ANTARA/Naufal Fikri Yusuf)

SOLOPOS.COM - Peselancar Indonesia Rio Waida melakukan latihan di Pantai Legian, Badung, Bali. (ANTARA/Naufal Fikri Yusuf)

Solopos.com, JAKARTA – Peselancar nasional Rio Waida dipercaya membawa bendera Merah-Putih saat defile kontingen dalam upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020. Rio Waida mengaku gugup namun antusias.

Hal itu diungkapkan peselancar berusia 21 tahun itu karena baru kali pertama mengikuti acara pembukaan event olahraga paling akbar di dunia yang dimulai Jumat (23/7) tersebut.

“Saya sangat senang jadi pembawa bendera. Saya belum pernah melihat acara pembukaan, tapi teman saya bilang sangat bagus. Katanya saya akan berdiri paling depan, jadi nervous tapi excited juga,” kata Rio Waida kepada detikSport, Selasa (20/7/2021).

Baca Juga: Hilang 4 Hari dari Kamp Olimpiade Tokyo 2020, Atlet Uganda Akhirnya Ditemukan

Di acara defile itu, Rio Waida akan mengenakan pakaian adat Bali yang terdiri atas sarung, atasan hitam, dan udeng untuk bagian kepala. Dia akan didampingi Nurul Akmal, atlet dari angkat besi, serta beberapa atlet lainnya dan Chef de Mission kontingen Indonesia, Rosan P. Roeslani.

“Persiapan khusus belum ada. Cuma nanti di sana saya akan mengenakan baju tradisional dari Bali,” ungkapnya.

Bagi Rio Waida mendapat kesempatan emas tampil kali pertama membawa bendera Merah-Putih di Olimpiade menjadi hal membanggakan. Momen itu pun memotivasinya untuk memberikan hasil maksimal buat Indonesia. Apalagi, surfing juga baru kali pertama dipertandingkan di multievent empat tahunan ini.

Baca Juga: Rombongan Angkat Besi dan Rowing Menyusul ke Olimpiade Tokyo 2020

“Beban tidak ada, justru bikin saya lebih termotivasi. Di Olimpiade ini saya ingin menembus top 3, raih medali. Jika masuk, saya ingin merebut medali emas,” ungkapnya menyoal target.

Ia lantas meminta doa masyarakat Indonesia agar terus mendukungnya dan atlet Indonesia lain yang akan berjuang di Olimpiade agar sukses mengharumkan nama bangsa Indonesia. “Dukung terus atlet Indonesia,” pesannya.


Berita Terkait

Berita Terkini

Tutup Putaran Pertama, Hizbul Wathan Targetkan Poin Penuh

Kedua tim berebut memenangkan laga ini untuk menutup putaran pertama tidak sebagai juru kunci klasemen.

Panen Sanksi, PSG Pati Pincang saat Hadapi Hizbul Wathan

Tim milik Youtuber Atta Halilintar yang kini bernama AHHA PS Pati itu berada di dasar klasemen dengan koleksi satu poin.

Keren, Gelandang Persis Solo Jadi Kapten Timnas Indonesia

Gelandang Persis Solo, Mohamad Kanu Helmiawan, mendapat panggilan pemusatan Timnas Indonesia U-23 sebagai persiapan kualifikasi Piala Asia U-23  2022.

Ini Hlo, 2 Pemain Persebi Boyolali yang Bobol Gawang PSCS Cilacap

Dua pemain menjadi pahlawan kemenangan Persebi Boyolali saat menundukkan PSCS Cilacap dalam laga persahabatan.

Gantikan Teguh Prakosa, Janjang Janji Gas Pol Pimpin ISSI Solo

Politikus PDIP, Janjang Sumaryono Aji, siap gas pol seusai dilantik sebagai Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Solo periode 2021-2025.

Prediksi Manchester United vs Liverpool: Salah Momok Setan Merah

Manchester United akan menghadapi tantangan Liverpool dalam lanjutan pekan kesembilan Liga Premier Inggris di Old Trafford, Minggu (24/10/2021) pukul 22.30 WIB.

Prediksi Barcelona vs Real Madrid: Era Baru El Clasico!

Partai panas antara Barcelona melawna real Madrid akan tersaji di Liga Spanyol, Minggu (24/10/2021) pukul 21.15 WIB.

Liga 1 dan Liga 2 Bisa Ditonton di Stadion? Ini Jawaban Menpora

Menpora dan PSSI sepakat menyebut pelaksanaan kebijakan untuk menghadirkan penonton di stadion saat pertandingan Liga 1 dan Liga 2 musim 2021-2022 masih membutuhkan waktu.

Edaaan! Chelsea Lumat Norwich City 7-0

Chelsea memetik kemenangan besar atas Norwich dalam lanjutan Liga Premier Inggris.

Praveen/Melati Gagal ke Final Denmark Open 2021

Pasangan ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, gagal melaju ke babak final Denmark Open 2021.

Kejutan! Rival Persis Solo Dibekuk Persebi Boyolali di Laga Uji Coba

Persebi Boyolali secara mengejutkan mampu menaklukkan PSCS Cilacap dalam laga uji coba. Persebi menang dengan skor tipis 2-1.

Steven Gerrard Dilirik Newcastle United

Posisi pelatih Newcastle United masih kosong menyusul dipecatnya Steve Bruce pada Rabu (20/10/2021) waktu setempat.

Prediksi Chelsea vs Norwich: Putar Otak Cari Ujung Tombak

Chelsea akan menghadapi tantangan Norwich City dalam lanjutan pekan kesembilan Liga Premier Inggris.

Bungkam Usai Dipanggil Presiden Soal Sanksi WADA, Menpora Kena Marah?

Indonesia bersama Korea Utara dan Thailand dijatuhi sanksi WADA sehingga tidak bisa mengibarkan bendera nasional mereka selain di Olimpiade.