SOLOPOS.COM - Rafael Nadal (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Rio Terbuka 2016 menyajikan kekalahan Rafael Nadal di babak semifinal.

Solopos.com, RIO DE JANEIRO – Perjalanan petenis Spanyol Rafael Nadal terhenti di semifinal Rio Terbuka 2016 setelah disingkirkan petenis nonunggulan asal Ukraina, Pablo Cuevas, dengan skor 7-6 (6), 6-7 (3), 4-6.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Nadal berhasil merebut set pertama dari Cuevas setelah melewati babak tie break di lapangan tanah liat Jockey Club Brasileiro, Rio de Janeiro, Brasil. Namun, mantan petenis nomor satu dunia itu tidak mampu mempertahankan keunggulan atas Cuevas pada dua set berikutnya. Dia takluk di tangan petenis peringkat ke-45 dunia itu setelah berduel selama tiga jam 28 menit.

“Saya kehilangan peluang, itu saja. Saya bertarung hingga akhir. Saya harus menerima itu dan terus bekerja untuk mengubah dinamisme permainan. Itu yang terjadi hari ini [kemarin] dan saya harus bekerja keras untuk mengubah ini semua,” kata Nadal, seperti dilansir Reuters, Minggu.

Cuevas berhasil membukukan kemenangan pertama atas Nadal sekaligus menghalangi petenis Spanyol itu menorehkan penampilan ke-100 di final turnamen tanah liat. Ini menjadi kekalahan kedua Nadal di lapangan tanah liat dari petenis yang menduduki peringkat di atas 30 besar dunia sejak 2005. Petenis berjuluk Raja Tanah Liat itu juga gagal melenggang ke final turnamen di Buenos Aires, Argentina, setelah ditekuk Dominic Thiem dengan skor 4-6, 6-4, 6-7 (4), pada semifinal, akhir pekan lalu.

“Saya tidak berhasil meraih gelar, jadi dua turnamen ini [Buenos Aires dan Rio Open] tidak berakhir positif. Saya memiliki peluang di dua turnamen ini tapi kalah di semifinal. Kini, saya harus bersiap menatap turnamen Indian Wells,” kata Nadal.

Sebenarnya, Nadal sempat memulai debut musim ini dengan cukup apik setelah kembali dari cedera yang membuatnya gagal meraih satu pun gelar grand slam tahun lalu. Petenis yang kini menduduki peringkat kelima dunia itu berhasik mencapai final turnamen di Doha, Qatar, awal Januari 2016 lalu. Namun, performa Nadal kembali meredup di Australian Open, Januari lalu. Dia disingkirkan petenis peringkat ke-45 dunia, Fernando Verdasco, pada putaran pertama grand slam pembuka musim ini.

Sementara itu, pada final, Senin (22/2/2016) pagi WIB, Cuevas akan berhadapan dengan petenis nonunggulan lainnya, Guido Pella, asal Argentina. Pella berhasil menyingkirkan unggulan kelima, Dominic Thiem, dengan skor 6-1, 6-4.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya