SOLOPOS.COM - IKLAN BERMASALAH -- Tampilan situs Gudang Garam Intersport, yang antara lain menampilkan wajah Rio Ferdinand. Perannya sebagai bintang iklan untuk situs ini dipersoalkan di Inggris karena dinilai terlalu terkait dengan iklan produk rokok. (ggintersport.com)

IKLAN BERMASALAH -- Tampilan situs Gudang Garam Intersport, yang antara lain menampilkan wajah Rio Ferdinand. Perannya sebagai bintang iklan untuk situs ini dipersoalkan di Inggris karena dinilai terlalu terkait dengan iklan produk rokok. (ggintersport.com)

LONDON – Tampilnya Rio Ferdinand dalam iklan Gudang Garam Intersport, seperti yang saat ini sering muncul di layar TV di Indonesia, dipersoalkan oleh berbagai lembaga kampanye antirokok di Inggris. Pemain Manchester United itu dianggap ikut mempromosikan rokok.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Akan tetapi juru bicara Ferdinand menegaskan bahwa sang pesepakbola hanya menjadi bintang iklan untuk Intersport, yaitu saluran olahraga di internet dan bukan menjadi bintang iklan untuk produk rokok. Ferdinand sendiri selama ini dikenal tidak merokok dan juga menjadi salah satu pendukung lembaga anak-anak PBB, Unicef. Juru bicara tersebut menambahkan, Ferdinand kini tengah berkonsultasi dengan pengacaranya terkait penggunaan gambarnya yang ternyata juga muncul dalam iklan yang terkait produk rokok.

Deborah Arnott, ketua eksekutif LSM antirokok Ash, menyatakan segala bentuk iklan terkait produk atau produsen rokok dilarang di Inggris karena ada kekhawatiran hal ini akan membuat generasi muda terpapar produk rokok. Dia juga mendesak Rio Ferdinand segera memutuskan keterkaitannya dengan Gudang Garam. “Di Indonesia settidaknya sepertiga dari remaja berusia 15 tahun sudah merokok dan tingkat konsumsi rokok di kalangan generasi muda sudah melonjak enam kali lipat sejak 1995,” tukasnya seperti dikutip The Observer.

“Kekayaan Rio sekarang ditaksir sekitar 40 juta poundsterling dan dia punya penghasilan lebih dari 100.000 pounsterling per pekan. [Dengan pendapatan itu] apakah dia betul-betul harus melakukan ini?” imbuh Deborah. “Saya harap saat dia sadar dengan hal ini dia akan minta maaaf,” ujarnya pula.

Andrea Crossfield, Direktur Tobacco Free Futures, yang mengampanyekan agar rokok dijual dalam wadah polos tanpa merk di Inggris, menyatakan bukan kebetulan Gudang Garam memilih seorang pemain Manchester United sebagai bintang iklan. “Kostum Manchester United itu mirip betul dengan warna ciri khas produk rokok itu,” katanya.

Seorang juru bicara MU menyatakan kontrak antara Rio Ferdinand dan Gudang Garam Intersports akan berakhir pada 31 Oktober 2012. “Manchester United dan Rio Ferdinand menyesali kesalahpahaman ini dan akan memastikan hal ini takkan terulang di masa depan,” sebutnya.

Salah satu penampilan Rio Ferdinand dalam iklan Gudang Garam Intersport

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya