SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Abu Dhabi– Ujicoba pertama Rio Haryanto dengan mobil F1 disambut dengan pujian. Meski sempat mengalami masalah dengan mobil, ada yang menyebut Rio sudah melakukan tes dengan baik.

Rio menjadi pembalap pertama Indonesia yang menjajal mobil F1. Di balik kemudi VR-01, pembalap berusia 17 tahun itu melahap 21 lap di sikuit Yas Marina saat sesi tes Selasa (17/11) pagi waktu setempat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia mencatat waktu lap 1 menit 49,439 detik dan membuat Rio ada di posisi ke-13 dalam sesi tersebut. Sedangkan waktu lap tercepat diraih pembalap muda Red Bull Daniel Ricciardo dengan waktu 1,40.813 detik.

Ekspedisi Mudik 2024

Dalam sesi ujicoba tersebut, waktu terbaik terus dibuat Rio dari lap ke lap, dengan puncaknya terjadi pada lap 20 dengan catatan 1:49,439 detik tersebut. Tetapi, setelah itu ada kerusakan
girboks di mobil Rio di mana gigi limanya bermasalah.

Rio pun tak bisa melanjutkan sesi yang awalnya direncanakan bakal berlangsung selama 50 lap itu. Mekanik Virgin butuh waktu yang lama untuk memperbaiki girboks karena sesi pagi sudah harus selesai pada pukul 12.30 dan sesi petang sudah dijadwalkan untuk Jerome D’Ambrosio, pembalap Belgia yang memang sudah menjadi penguji Virgin Racing.

“Rio melakukan sesuatu yang luar biasa hari ini. Dari semua pembalap yang ikut tes di sini, hanya dia yang tidak pernah berlaga sebelumnya di Abu Dhabi. Jadi dengan kondisi serba-pertama ini saya pikir apa yang telah dilakukan Rio selama sekitar 20 lap itu tergolong bagus,” ujar Team Principal Virgin Racing John Booth dalam rilis yang diterima oleh detikSport.

“Saya sungguh senang bisa menyaksikan dengan mata kepala sendiri sejarah yang dibuat salah satu putra terbaik Indonesia di arena olahraga, Rio Haryanto. Apa yang dilakukannya hari ini sungguh membuka mata dunia, terutama di kawasan Timur Tengah dan UEA, bahwa Indonesia juga punya nama hebat di arena olahraga.”

“Kalau ada kesempatan menjual nama Rio di sini, tentu akan saya lakukan dengan program-program yang berkaitan dengan Indonesia. Semoga Rio segera lebih mendunia dengan prestasi yang sama-sama kita banggakan,” ucap Dubes RI untuk Uni Emrirat Arab Mohammad Wahid.detikcom

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya