SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Rio de Janeiro–Hujan lebat yang mengguyur Rio de Janeiro, Brasil menimbulkan bencana maut. Sedikitnya 95 orang tewas akibat tanah longsor dan banjir yang dipicu oleh hujan paling deras sepanjang sejarah ibukota Brasil itu.

Menurut pejabat dinas pemadam kebakaran Rio, yang mengkoordinir upaya penyelamatan, sejauh ini 95 orang dipastikan meninggal dan 100 lainnya terluka.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kebanyakan korban berasal dari daerah-daerah di tepi bukit yang rumah mereka terkubur berton-ton lumpur dan reruntuhan bangunan akibat bencana longsor.

“Kami perkirakan jumlah korban jiwa akan bertambah,” ujar pejabat yang enggan disebutkan namanya itu seperti dilansir AFP, Rabu (7/4).

Hujan lebat tersebut membuat permukaan air terus bertambah hingga membuat jalan-jalan berubah menjadi sungai. Kota Rio yang berpenduduk 6 juta jiwa itu pun lumpuh.

Hujan deras yang turun terus-menerus itu juga membuat pohon-pohon bertumbangan. Rumah-rumah pun ambruk. Walikota Eduardo Paes mengimbau para pegawai untuk tidak pergi bekerja. Sekolah-sekolah pun ditutup.

“Tidak dianjurkan bagi masyarakat untuk meninggalkan rumah,” kata Paes.

Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva mengimbau warga Brasil untuk berdoa agar hujan berhenti. “Ini kebanjiran terbesar dalam sejarah Rio de Janeiro, hujan terbesar dalam satu hari,” kata silva kepada wartawan di Rio.

dtc/fid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya