SOLOPOS.COM - Luca Modric (Real Madrid) dan Ivan Rakitic (Barcelona) di laga Piala Super Spanyol, Kamis (17/8/2017). (JIBI/Reuters/Juan Medina)

Real Madrid menuntaskan perlawanan atas Barcelona dengan kemenangan 2-0.

Solopos.com, MADRID – Barcelona akhirnya kembali takluk dari Real Madrid di Santiago Bernabeu, Madrid, Kamis (17/8/2017) dini hari WIB, dalam laga kedua Piala Super Spanyol 2017. El Real yang bermain tanpa Cristiano Ronaldo, Gareth Bale, dan Isco, menang dengan skor 2-0.

Promosi Mali, Sang Juara Tanpa Mahkota

Usaha Barcelona untuk membalik keadaan kandas lantaran gol yang dicetak Karim Benzema dan Marcos Asensio. Bagi Asensio, gol ini terbilang istimewa lantaran di leg pertama di Barcelona, Senin (14/8/2017), pemuda Mallorca ini juga mencetak gol indah.

Meski menyimpan kekuatan utama, Madrid tetap dominan terhadap Barcelona yang turun dengan kekuatan terbaik.

Ekspedisi Mudik 2024

Skuad asuhan Zinedine Zidane memastikan dominasinya atas Barcelona karena pada leg pertama mereka pun menang dengan skor 3-1 di Camp Nou, Barcelona, Senin dini hari. Karena itu, total, secara agregat, Real Madrid unggul telak, 5-1, atas Barcelona.

Babak Pertama

Los Blancos cuma butuh empat menit saja untuk menjebol gawang Barcelona. Marcos Asensio yang menggantikan Ronaldo membuka keunggulan Madrid. Asensio melepaskan tendangan keras dari jarak 30 yard yang tak mampu dibendung Marc Andre Ter Stegen.

Tertinggal, Barcelona berusaha keluar dari tekanan Madrid. Pasukan Valverde mendapat peluang via Luis Suarez.

Dari umpan Mascherano, Suarez melakukan tendangan di dalam kotak penalti. Namun, usahanya masih melambung di atas gawang Real Madrid.

Barcelona kembali mengancam. Lionel Messi menembus kotak penalti Real Madrid, tetapi usahanya digagalkan kiper Keylor Navas.

Memasuki pertengahan babak pertama, Madrid menguasai penuh jalannya pertandingan. El Real mengurung Barcelona. Mereka seolah mengajarkan Blaugrana cara bermain sepak bola yang benar.

Madrid harusnya bisa menggandakan skor di menit 33. Tendangan kaki kiri Lucas Vazquez sayangnya masih membentur tiang gawang Ter Stegen.

Buruknya permainan Barcelona akhirnya mampu dimanfaatkan Madrid untuk menambah gol di menit 39. Umpan silang Marcelo dengan dingin diselesaikan Karim Benzema lewat tendangan voli setelah memenangi duel dengan Samuel Umtiti. Skor 2-0 bertahan sampai jeda.

Babak Kedua

Pada periode babak kedua, kedua pelatih, baik Zidane maupun Valverde, melakukan beberapa pergantian pemain.

Unggul agregat empat gol membuat Madrid bermain nyaman pada babak kedua. Sementara Barcelona terus meningkatkan tekanan. Akan tetapi sejumlah upaya yang dilakukan Barcelona kerap gagal. Sergio Roberto misalnya tak mampu menyambut bola silang di depan gawang Madrid.

Kemudian Luis Suarez gagal menanduk bola ke gawang kosong memanfaatkan bola tepisan Keylor Navas yang tak sempurna mengantisipasi tendangan Lionel Messi. Bola hanya membentur tiang.

Pelatih Barcelona Ernesto Valverde mencoba mengubah keadaan dengan memasukkan Gerard Deulofeu dan Lucas Digne setelah pada awal babak kedua menurunkan Nelson Semedo. Namun upaya ini tak membuahkan hasil.

Peluang terbaik Barcelona adalah saat Samuel Umtiti diganjal di luar kotak penalti Madrid menjelang laga berakhir. Tapi wasit Alfonso Perez Burrull mengabaikan insiden ini.

Kemenangan 2-0 ini menjadikan Barcelona untuk kali pertama gagal mencetak gol di Santiago Bernabeu sejak 2006. Blaugrana selalu bisa mencetak gol di kandang Madrid sejak terakhir kali kalah 0-2 pada 23 Oktober 2006 pada pertandingan La Liga.

Kemenangan ini memastikan Madrid meraih gelar Piala Super Spanyol kesepuluh. Los Merengues terakhir kali meraih trofi serupa pada 2012. Ini juga menjadi piala kedua Madrid dalam waktu delapan hari setelah sebelumnya membungkam Manchester United pada Piala Super Eropa.

Bagi Zidane, ini merupakan gelar Piala Super Spanyol pertamanya sekaligus trofi ketujuh selama satu setengah tahun menangani Madrid.

Susunan Pemain

Real Madrid: Navas; Carvajal, Ramos, Varane, Marcelo; Modric, Kovacic (Casemiro 62′), Kroos (Ceballos 80′); Asensio (Theo 75′), Benzema, Vazquez.



Pelatih: Zinedine Zidane

Barcelona: Ter Stegen; Mascherano, Pique (Semedo 50′), Umtiti; Sergi Roberto, Rakitic, Busquets, Andre Gomes (Deulofeu 72′), Alba (Digne 78′); Messi, Suarez.

Pelatih: Ernesto Valverde

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya