SOLOPOS.COM - Ilustrasi (ligaponsel.com)

Ilustrasi (ligaponsel.com)

SOLO–Meski Research In Motion (RIM) bakal merilis perangkat Blackberry 10-nya ke pasaran pada tahun depan namun perusahaan asal Kanada tersebut ternyata tak menarik platform lamanya yakni Blackberry 7 yang sudah akrab di masyarakat. Sebaliknya, para analis memprediksi RIM bakal mempertahankan platform Blackberry 7 bahkan melakukan diskon untuk pembelian produk barunya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dilansir ligaponsel.com, Rabu (26/12/2012), saat ini RIM tengah membangun pasar untuk Blackberry 10. Untuk memuluskan rencana itu, mereka telah megedukasi pasar dan masyarakat agar mengarah pada platform baru BlackBerry 10. Kabar terbarunya lagi, perangkat Blackberry 10 tidak akan dikemas dengan sistem bundling namun akan dijual lepas sehingga pengguna bisa lebih bebas memilih operator yang akan mereka gunakan.

Masih mengenai Blackberry 10 seperti dikutip dari berita-it.com, ponsel pintar tersebut dikabarkan merupakan Blackberry pertama yang berbasis sistem operasi QNX. Dari bocoran yang tersebar di masyarakat menyebutkan bahwa Blackberry ini bukan hanya smartphone melainkan superphone.

Desain Blackberry 10 sepintas mirip desain BlackBerry Smartphone Porsche P 9981 dengan fitur touchscreen tanpa keyboard qwerty. Bisa dikatakan ponsel berbasis QNX ini sebagai PlayBook yang dikecilkan. Untuk jeroan, Blackberry 10 dilengkapi dengan dua chip TI OMAP5 dan Qualcomm, prosesor dual-core 1,5 GHz, 1GB RAM, storage internal berkapasitas 16 GB, kamera belakang sebesar 8 MP, kamera depan sebesar 2 MP kamera serta video call.

Sementara untuk Blackberry 7 seperti dikutip dari forumblackberry.com juga memiliki keunggulan tersendiri yang masih relevan hingga saat ini. Contohnya adalah kemampuan browser yang bisa menampilkan web secara penuh hingga mencapai 1,6 kali lebih cepat dibandingkan OS 6. Di OS 7 ini, fungsi universal search yang ada di OS 6 juga makin disempurnakan dengan Voice Activated Universal Search.

Fasilitas ini yang memungkinkan Anda tak perlu lagi mengetik untuk mencari aplikasi atau mencari informasi di web karena semua dikendalikan dengan suara. Untuk urusan multimedia, OS7 juga mendukung video recording dengan kualitas high definition 720p.

Terkait dengan rencana peluncuran Blackberry 10, saat ini RIM dikabarkan harus berusaha keras mempertahankan pasarnya yang bagus di beberapa negara berkembang di kawasan Asia Tenggara, Afrika dan Amerika Latin. RIM juga harus berjuang ekstra keras untuk bisa kembali merebut pasar di kawasan Eropa dan Amerika Serikat yang saat ini anjlok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya