Ridwan Kamil dan Komunikasi Politik Menuju 2024

Pengelolaan citra atau image management yang dilakukan oleh Ridwan Kamil terlihat unik.

 Fina Sunardiyah. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Fina Sunardiyah. (Istimewa)

Ridwan Kamil. Siapa yang tidak kenal dengan Ridwan Kamil? Dr. H. Mochamad Ridwan Kamil, S. T., M. U. D atau sering disapa dengan Kang Emil merupakan seorang arsitek, dosen sekaligus politikus Indonesia. Selain menjadi arsitek, dosen, serta politikus, Ridwan Kamil juga menjadi aktor dalam beberapa film dan sinetron di Indonesia. Ada sekitar 10 film dan sinetron yang telah dibintangi oleh Gubernur Jawa Barat tersebut.

Kang Emil memulai debut dalam bidang politik pada 16 September 2013 sebagai Wali Kota Bandung dilanjutkan menjadi Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023. Selama menjabat sebagai Wali Kota Bandung dan Gubernur Jawa Barat, Kang Emil telah mengantarkan Kota Bandung dan Jawa Barat mengantongi 300 penghargaan di tingkat provinsi, nasional ataupun internasional.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Ayah dari Camillia Laetitia Azzahra pada tahun 2019 pun mendapat penghargaan sebagai Inspirational Leader se-Asia Pasifik pada ajang GovInsider Innovation Awards 2019 di markas Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Ridwan Kamil banyak dipandang sebagai pionir perubahan di sektor publik dan pemimpin yang visioner dan inovatif. Tahun 2020 di saat pandemi Kang Emil juga mendapatkan Penghargaan sebagai Kepala Daerah Inovatif. Terobosan-terobosan Kang Emil yang dinilai sukses adalah Program Desa Digital, Bandung Smart City, inovasi digital, dan masih banyak lagi.

Hal tersebut menjadi modal penyemangat untuk karier politik Kang Emil ke depannya. Ditambah lagi hasil survei pilpres sejumlah lembaga sejak awal 2022 menempatkan nama mantan Wali Kota Bandung tersebut berada pada posisi 4-6.

Pada 20 Mei 2022, pemuda dari 34 provinsi di Indonesia yang tergabung dalam Energi Milenial (Emil) mendeklarasikan Ridwan Kamil sebagai calon presiden 2024. Deklarasi dilaksanakan oleh Dewan Pengurus Pusat (DPP) Emil bertajuk “Komitmen Kebangkitan Energi Milenial Menyongsong Indonesia Juara.

Ketua DPP Emil mengatakan Ridwan Kamil dinilai paling cocok dan pantas menjadi Presiden RI selanjutnya. Selain berpengalaman memimpin daerah dan membawa perubahan dan inovasi yang masif, Ridwan Kamil dinilai menjadi simbol persatuan untuk mengakhiri polarisasi.

Kang Emil dikenal aktif dalam sosial media dengan konten yang autentik. Dengan nama akun instagram @ridwankamil yang memiliki followers lebih dari 17 juta, Kang Emil menjadi politikus dengan jumlah followers Instagram terbanyak nomor 2 di Indonesia setelah Presiden Joko Widodo.

Baca Juga: Genjot Promosi Wisata Jabar, Ridwan Kamil Gandeng 108 Konten Kreator

Sedangkan akun Tiktok Kang Emil @ridwankamil.official memiliki followers lebih dari 800.000, dan akun Twitter @ridwankamil yang berjumlah lebih dari 1 juta. Ini membuktikan Kang Emil selalu update di setiap moment serta memberikan engagement positif kepada warga Indonesia. Saat melihat akun sosial medianya maka kesan pejabat positif, humoris, ramah, baik hati, family man dan dekat dengan rakyat langsung bisa didapatkan dan akan tertanam di benak masyarakat Indonesia.

Selain dikenal dengan image selalu positif, suami dari Atalia Praratya menjadi salah satu pejabat negara paling ganteng dengan gaya milenial dan korean style versi warganet. Pun dikenal sebagai suami yang harmonis yang menjadi panutan masyarakat Indonesia.

Musibah kematian Emmeril Khan Mumtadz putra Kang Emil di Sungai Aare Bern Swiss menjadi sebuah fenomena di mana ribuan bahkan puluhan ribu warga Jawa Barat.

Postingan foto dan caption Instagram @ridwankamil yang relatif unik mengenai seputar Kota Bandung dan Jawa Barat, kegiatan beliau,keluarga, mengundang berbagai respons netizen dalam kolom komentar. Kang Emil pun terlihat aktif dalam membalas komentar dari netizen dengan gaya humornya.

Dalam komunikasi politik terdapat konsep dan teori terkait dengan public relation politik yang akan diulas pada analisis akun sosial media Ridwan Kamil mengenai public relation politik yang digunakan pada komunikasinya dalam road to Pilpres 2024, sebagai berikut.

Manajemen Media

Manajemen media merupakan bagian dari bagaimana pengelolaan media yang dilakukan oleh Ridwan Kamil. Seperti yang dilihat pada akun Instagramnya, bahwa manajemen pada akun instagram Ridwan Kamil terlihat ramai oleh masyarakat, terlebih pada warga Bandung yang dipimpin oleh Ridwan Kamil.

Banyak komentar, like, dan followers menjadi bukti bahwa Ridwan Kamil seorang yang aktif dalam bermedia sosial. Pengelolaan akun media yang dilakukan Ridwan Kamil terbilang cukup menarik karena unggahan yang dihasilkannya memiliki engagement yang baik.

Baca Juga: Harga Vespa Kuning Yang Dipakai Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Wow!

Ini dalam artian, ia mengunggah pasti memiliki makna di dalamnya baik dalam ranah politik ataupun humornya. Seringkali juga komentar yang diberikan netizen dibalas oleh Ridwan Kamil di mana kerendahan hatinya terlihat di dalamnya.

Strategi yang terlihat dalam hal ini yakni menjalin kedekatan dengan rakyat ataupun warga Indonesia melalui balasan komentar yang menjadi bagian dari taktik supaya menarik dukungan dalam Pilpres 2024.

Kondisi tersebut juga terlihat pada akun tiktok Ridwan Kamil yakni @ridwankamil.official dan juga Twitternya @ridwankamil.

Pengelolaan Citra

Pengelolaan citra atau image management yang dilakukan oleh Ridwan Kamil terlihat unik. Dikatakan bahwa citra sangatlah penting dalam hidup seseorang karena citra adalah rekam jejak yang selalu tertanam dalam ingatan seseorang.

Dalam membentuk citra atau image utama, Kang Emil membuat dirinya menjadi pribadi yang humoris, ramah, baik hati, dekat dengan rakyat, family man, santai dalam setiap postingannya serta image seorang pemimpin yang amanah.

Untuk citra atau image, pendukungnya menjadikannya sebagai pejabat lintas generasi dengan gaya pakaian Korea style, gaya pemimpin dengan aspek task atau ketegasan serta pemimpin dengan gaya relation yaitu pendengar yang baik.

Bahkan Kang Emil tidak punya haters di dalam komentar-komentar pada postingan akun media sosial beliau. Banyak sekali ide yang ia lakukan dalam mengunggah kegiatannya baik di Instagram, Tiktok, ataupun Twitter. Seperti unggahan dengan caption yang sedang booming saat ini namun dikemas dengan sedikit nyeleneh.

Hal inilah yang membuat sejumlah warga Indonesia tertarik akan pribadinya dan mungkin merasa cocok bahwa ia bisa menjadi kandidat capres 2024. Tidak hanya postingan yang nyeleneh dan lucu Kang Emil menjadi wadah aspirasi bagi warganya yang kemudian disampaikan kepada pihak terkait.

Baca Juga: Arti Al Mumtadz, Nama Masjid Karya Ridwan Kamil di Dekat Makam Eril

Dia juga memberikan gambaran tentang kemajuan di era pemerintahannya dengan membangun masjid yang saat ini sedang proses dalam pembangunan, mengatasi korban banjir, menggalakkan bantuan sosial dan sebagainya yang dapat kita lihat pada akun media sosialnya.

Komunikasi Internal Organisasi

Komunikasi internal organisasi Ridwan Kamil ini merupakan komunikasi politik yang berbicara seputar organisasi khususnya pada internal yang ada pada pemerintahannya.

Pemerintahan yang santai namun tetap tegas memberikan banyak dukungan kepada Ridwan Kamil salah satunya yakni pendukung Ridwan Kamil yang memiliki akun Tiktok bernama @indonesiajuaralahirbatin. Pada akun dengan followers mencapai 200.000 tersebut banyak sekali pendukung Ridwan Kamil untuk maju menjadi presiden tahun 2024.

Komentar yang membanjiri akun tersebut pun mendukung Ridwan Kamil. Dalam akun tersebut juga paparkan mengenai sistem yang digunakan Ridwan Kamil dalam memerintah, ketika ia menjalani kegiatan penting dalam mewakili negara, bahkan hingga kegiatan positif yang dilakukan Ridwan Kamil bersama rekan dan keluarga.

Pengomunikasian Ridwan Kamil dalam memerintah dapat dikatakan sesuai dengan sifat dan perilaku Indonesia bahwa warga Indonesia senang dengan adanya canda gurau di sela-sela keseriusan, adanya penyelipan bahasa daerah dalam berbicara atau dalam penulisan di media sosialnya yang membuktikan kecintaannya terhadap Indonesia.

Manajemen Informasi

Manajemen informasi merupakan bagian dari mekanisme penyebaran informasi yang dilakukan di media sosial milik Ridwan Kamil. Seluruh informasi berkenaan dengan warganya akan selalu ia unggah ke dalam akunnya. Sehingga akunnya pun terbilang aktif, informatif, edukatif dan humoris.

Hal tersebut sangat perlu dilakukan karena di era sekarang banyak sekali info yang tidak benar faktanya atau hoaks. Peran media sosial dari seorang Gubernur Jawa Barat adalah pemberi informasi bagi warganya agar tidak terjaring informasi hoaks. Peran Ridwan Kamil di media juga memberikan informasi terkini supaya pengikutnya lebih update dan tak termakan hoaks. Tindak tutur dalam caption akun media sosial Kang Emil meliputi asertif, direktif, ekspresif, komisif dan deklaratif.

Dengan demikian, pada implementasi konsep dan teori pada komunikasi public relation politik akun sosial media Ridwan Kamil, dia sudah sesuai dengan konsep dan teori di atas mengenai aktivitas pada media sosialnya.

Baca Juga: Survei Median: AHY dan Ridwan Kamil Tembus 5 Besar Capres 2024

Dia mampu memanfaatkan media sosialnya secara baik dan positif terlebih perannya menjadi Gubernur Jawa Barat. Termasuk citra yang ia bangun dari sekarang mampu digunakan sebagai investasi guna mendukungnya pada Pilpres 2024.

Survei elektabiltas Kang Emil saat ini berada pada nomor 4-6. Berdasarkan hal tersebut dalam kancah politik Kang Emil sangat kuat dalam posisi cawapres 2024. Akan tetapi dengan komunikasi politik yang berjalan efektif selama dua tahun ke depan, ditambah sosialisasi yang lebih intensif serta mengarahkan image Ridwan Kamil menjadi big father untuk Bangsa Indonesia yang ramah, humoris, merakyat, lintas generasi serta menjadi figur atau image yang dicintai dan diidolakan, bukan tidak mungkin akan meningkatkan elektabiltas Kang Emil.

*Opini ini ditulis Fina Sunardiyah, Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Komunikasi Universitas Sebelas Maret Solo.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Gempa Bumi di Laut Jawa Simpan Banyak Misteri yang Belum Terungkap

      + PLUS Gempa Bumi di Laut Jawa Simpan Banyak Misteri yang Belum Terungkap

      Gempa bumi dalam dan menengah yang biasa terjadi di Laut Jawa menyimpan banyak misteri yang belum terungkap dengan detail. Banyak teori yang membahas tentang fenomena gempa bumi dalam dan menengah.

      Berita Terkini

      Semangat Mahasiswa Baru UKSW Salatiga Ikuti Masa Orientasi

      Mengangkat tema Fostering Your Imagination and Adaptability, OMB dibuka dengan rangkaian opening ceremony yang digelar di Lapangan Sepak Bola UKSW serta dihadiri pimpinan universitas dan fakultas.

      Dikunjungi Dewan Pers, PPP: 14 Pasal RKUHP Wajib Dibahas DPR

      Anggota Fraksi PPP itu menilai 14 pasal yang direformulasi oleh Dewan Pers itu wajib dibahas di rapat DPR.

      Operator Truk Meninggal Akibat Tertimpa Kontainer

      Korban Imam Kastiawan berada di dalam truk saat sebuah kontainer tiba-tiba jatuh menimpa.

      Ditolak LPSK, Putri Sambo Ternyata Minta Dilindungi dari Pemberitaan

      Salah pengajuan yang diminta oleh Putri Candrawathi adalah agar dilindungi dari berita atau wartawan.

      Pascaisu Ferdy Sambo Bos Judi, Ratusan Penjudi Digulung Polisi

      Sejak sepekan terakhir ratusan penjudi di berbagai tempat dibekuk aparat.

      Gempa Dangkal Guncang Sulawesi Tenggara dan Sumatra Barat

      Dua gempa terjadi masing-masing di Sulawesi Tenggara dan Sumatra Barat, Senin (15/8/2022).

      KIB Bertekad Membuat Masyarakat Indonesia Sejahtera, Begini Strateginya

      Untuk menjadikan masyarakat Indonesia sejahtera, kaya sebelum menua, KIB memiliki sejumlah strategi.

      KIB Sepakati Visi Misi, Tawarkan Keberlanjutan Kebijakan Jokowi

      Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menyepakati visi dan misi dalam pembicaraan di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (14/8/2022).

      Beberapa Pasal RKUHP Mengancam Iklim Usaha dan Investasi

      Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP) yang kini belum selesai dibahas DPR bersama pemerintah mengandung pasal-pasal yang mencampuri urusan sektor privat dunia usaha.

      Timsus Diserang, Staf Ahli Kapolri: Ada Faksi-Faksi di Kepolisian

      Menurut Muradi, serangan balik terhadap Tim Khusus pengusut Ferdy Sambo dikarenakan adanya faksi-faksi atau kelompok-kelompok di tubuh Polri.

      IPW Sebut Timsus Kapolri Diserang Balik Kelompok Ferdy Sambo

      Tim Khusus yang dipimpin Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono tersebut saat ini mendapat serangan balik dari kelompok Ferdy Sambo yang tidak ingin praktik lancung mereka terbongkar.

      Ditangkap! Ini Tampang Pemerkosa Remaja SMP "Budak Seks" Pati

      Tersangka kasus pemerkosaan dan penyekapan yang menjadikan remaja SMP di Pati sebagai budak seks akhirnya ditangkap.

      Kunjungi SMPN 7 Solo, Ini yang Dipelajari MKKS SMP Musi Banyuasin

      SMP Negeri 7 Solo menjadi tujuan studi banding Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan, Jumat (12/8/2022).

      Bharada E Resmi Justice Collaborator, Dapat Perlindungan Penuh LPSK

      LPSK mengabulkan permohonan justice collaborator yang diajukan Bharada E dalam kasus pembunuhan Brigadir J.

      Bos PT Duta Palma Surya Darmadi Ditahan

      Penyidik Kejagung langsung menahan bos PT Duta Palma, Surya Darmadi, terkait kasus korupsi penguasaan lahan sawit dan pencucian uang.

      Mengenang Bung Hatta, Orde Baru Membunuh Kemandirian Koperasi

      Peringatan 120 tahun Mohammad Hatta alias Bung Hatta pada 12 Agustus 2022 mengingatkan pelajaran penting tentang pengelolaan koperasi pada masa rezim Orde Baru.