Ridwan Kamil Blak-blakan Cari Parpol untuk Maju Pilgub dan Pilpres

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, mengaku sedang mencari parpol sebagai kendaraan untuk maju kembali dalam Pilgub Jawa Barat (Jabar) maupun Pilpres 2024.

 Ridwan Kamil. (Suara.com)

SOLOPOS.COM - Ridwan Kamil. (Suara.com)

Solopos.com, JAKARTA — Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengaku sedang mencari partai politik sebagai kendaraan untuk maju kembali dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat (Jabar) maupun Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

PromosiPemerintah Yakin Nasib Restrukturisasi Garuda akan Berakhir Baik

Di sisi lain, Mantan Wali Kota Bandung itu mengaku terus berkomunikasi dengan pimpinan partai politik. Beberapa di antara, Ridwan mengaku telah menjalin komunikasi politik dengan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, dan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan.

Baca Juga : Anjing Pelacak Diterjunkan Bantu Pencarian Korban Erupsi Gunung Semeru

“[Komunikasi politik] semuanya baik-baik. Kemarin Pak Zul [Zulkifli Hasan] ke Bandung. Pak Airlangga [Airlangga Hartarto] dulu. Dan semuanya dijaga hubungan baik. Dalam politik hubungan baik itu penting,” katanya seusai menghadiri Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia 2021 di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, seperti dilansir Suara.com, Kamis (9/12/2021).

Ridwan menyampaikan keinginannya mencari kendaraan politik untuk maju Pilgub Jabar maupun Pilpres 2024 merupakan hal realistis.

“Iya sedang mencari-cari [partai politik]. Karena memang untuk kepentingan maju dua periode [gubernur] pun saya putuskan lebih mantap jika berpartai. Dukungan DPRD pun bisa kuat. Pilihan itu kan paling realistis ya,” ujar Ridwan.

Baca Juga : Miris! 14 Anak di Tegal Jadi Korban Kekerasan Seksual pada 2021

Ridwan tak menampik jika ada partai politik (parpol) yang meminangnya. Parpol tersebut menawari dirinya maju Pilpres 2024. Namun, dia enggan menyampaikan parpol apa yang dia maksud.

Lelaki yang akrab disapa Kang Emil itu memastikan akan bergabung ke parpol pada pertengahan 2022. Sebelumnya, Ridwan Kamil dua kali menang pilkada melalui jalur independen.

Baca Juga : Bangun 10 Bandara, Utang Angkasa Pura I Capai Rp28 Triliun

“Di luar kalau ada yang meminang memang ke pemimpin nasional ya. Juga posisinya lebih baik harus sudah berpartai. Mungkin di pertengahan tahun depan begitu [bergabung ke parpol],” tutur dia.

Ketika ditanya akan memilih maju menjadi calon presiden (Capres) 2024 atau calon gubernur (Cagub), ia menjawab diplomatis. “Enggak bisa ditebak matematika begitu. Mana saja takdir Tuhan ya.”

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Investor Batu Bara Gugat Yusuf Mansur setelah Bersabar 11 Tahun

Awalnya warga Bogor, Jawa Barat itu tidak ingin mempermasalahkan secara hukum karena ingin menjaga nama baik Yusuf Mansur. 

Investor Yusuf Mansur Kirim Surat Terbuka kepada MUI, Ini Isinya

Alasan surat terbuka itu ditujukan ke MUI karena Yusuf Mansur selalu membawa nama agama di setiap investasi yang digalangnya.

Ada Padat Karya Irigasi di 750 Desa di Jateng & Jatim, Ini Pengumuman BBWSBS

Padat karya irigasi yang akan digelar di 750 desa di Jateng dan Jatim ini bagian dari program P3-TGAI yang menyasar desa di seluruh Indonesia.

+ PLUS Mandau Terbang dan Jejak Peradaban Logam di Kalimantan

Cerita mandau terbang dan jejak peradaban logam dari kajian pengolahan logam di Kalimantan.

Premium, Ini Rekomendasi 6 Jam Tangan Pria Terbaik 2022

Berikut rekomendasi lima jam tangan pria premium terbaik di 2022.

Korupsi di Bawah Rp50 Juta Tak Dipidana? Ini Kata ICW

Tindak pidana korupsi dengan kerugian keuangan negara di bawah Rp50 juta untuk diselesaikan dengan cara pengembalian kerugian keuangan negara.

Menkes: Covid-19 Akan Melejit Tapi Bergejala Ringan

Menkes menjelaskan ciri-ciri dari Covid-19 varian Omicron yaitu tingkat perawatan di rumah sakit lebih rendah.

Destinasi Wisata di Kepulauan Mentawai Tarik Perhatian Pesohor Dunia

Keindahan pantai dan ombak di pantai kawasan Kepulauan Mentawai membuat pesohor dunia mendatangi Tanah Air.

+ PLUS Memberi Uang Tanda Terima Kasih kepada Aparat, Wajar atau Tidak?

Sebanyak 17,63 persen masyarakat membayar uang melebihi ketentuan, baik ketika mengakses layanan secara sendiri maupun melalui perantara pada 2021.

Covid-19 Melonjak Lagi, Ini Wanti-Wanti Presiden Jokowi

Presiden Jokowi memberikan peringatan kepada masyarakat agar berhati-hati dengan lonjakan kasus Covid-19 yang diprediksi terjadi beberapa hari ke depan.

42 Dosen Baru Ikuti Pekerti di UMS, Ini Tujuannya

Peserta dalam kegiatan ini berjumlah 42 peserta yang terdiri atas 32 dosen di lingkungan UMS dan 10 dosen di luar lingkungan UMS.

Malang Digoyang Gempa Magnitudo 5,2

Pusat gempa berada di 445 kilometer di tenggara Kabupaten Malang dengan kedalaman 10 kilometer.

Jokowi Minta Korpri Jadi Pencetus Bukan Pengikut

Kepala Negara meminta Korpri bersikap terbuka, dengan menghilangkan semua ego, baik ego sektoral, ego daerah, hingga ego ilmu.

Presiden: ASN Terlalu Lama di Zona Nyaman

Zona nyaman ASN itu berakibat pada kurang produktifnya kinerja aparatur negara itu.

UNS Buka Prodi Sarjana dan Pendidikan Profesi Bidan, Buruan Daftar

Sejak 2021, D4 Kebidanan FK UNS sudah tidak menerima mahasiswa baru dan pada 2022 ini resmi menjadi Sarjana Kebidanan.