SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Belakangan hari ini, beredar kisah inspiratif seorang rider atau pengendara ojek online (ojol) di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) yang mampu membangun rumah mewah dan rumah indekos hasil dari mengojek. Kisah inspiratif itu kali pertama disebarkan pengguna akun Twitter @tampanselaluu, Selasa (19/3/2019).

Di akun Twitter tersebut, rumah mewah dan rumah indekos itu dibangun dari hasil kerja kerasnya sebagai rider ojol selama empat tahun. “Ngobrol2 katanya doi udah ngojek sekitar 4 tahunan. Dia ngebid tiap hari mulai dari selesai shalat subuh sampe jam 11 malam. Dan liat hasilnya, sekarang doi udah punya rumah gede dan kost2an 2 lantai. Katanya ini hasil dari tabungan ngojek selama 4 tahun,” tulisnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sayang, kisah inspiratif itu ternyata hanya isapan jempol. Dikutip dari Okezone, rider ojol yang dimaksud dalam kisah itu adalah Ismail yang kerap disapa Daeng Ambo, pria yang memang berasal dari Makassar, Sulsel.

Ekspedisi Mudik 2024

Putra Ismail, Abu Salam, 34, memastikan kisah inspiratif mengenai ayahnya hanya kabar bohong. Ia mengatakan foto rumah yang viral di media sosial itu adalah miliknya, bukan milik ayahnya.

Ia menegaskan rumah itu dibangun dari penghasilan usaha jasa isi ulang air dalam galon miliknya. “Usaha ini sudah berjalan sembilan tahun. Saya rintis bersama istri. Tapi kalau itu [Daeng Ambo] orang tua kandung saya. Tapi saya mau luruskan agar tidak menjadi perdebatan di sosial media,” kata Salam kepada Okezone.

Ia pun mengaku sempat kaget saat saat ayahnya yang disertai kisah hoaks itu viral di media soasial. “Tapi di sini tidak ada yang salah. Mungkin orang yang menyebar foto kurang paham dengan informasi yang dia terima. Makanya jadi viral. Tidak masuk di logika, masa dari ojek selama empat tahun bisa bangun rumah. Pasti akan jadi pro dan kontra di media sosial. Makanya saya luruskan,” jelas Abu Salam.

Namun di sisi lain, Salam ternyata juga memiliki kisah inspiratif tersendiri. Ia berhasil membangun rumah mewah dan rumah indekos yang viral itu melalui perjuangan yang cukup keras.

“Jadi ini adalah usaha saya yang mulai dari antar galon saat kerja di depot. Sampai saya belajar cara usaha depot air. Hingga saat ini. Usaha saya ada di Jl. Paccerakkang [Makassar]. Kalau yang samping ini adalah kos-kosan,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya