SOLOPOS.COM - Menteri Agama yang juga Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Suryadharma Ali. (JIBI/Bisnis/dok)

Solopos.com, JAKARTA — Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suryadharma Ali menyatakan akan mengupayakan islah atau perdamaian dalam menyelesaikan kericuhan internal partainya. Langkah itu dianggap perlu dilakukan demi menyatukan kembali soliditas kader-kader PPP.

“Akan diupayakan islah. Soliditas tentu terganggu dengan adanya peristiwa seperti ini, maka kewajiban saya untuk mengembalikan soliditas itu ke tempat yang baik,” kata Suryadharma Ali di Kantor DPP PPP Jakarta, Minggu (20/4/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Suryadharma Ali menilai, kericuhan dalam tubuh PPP memalukan dan sangat merugikan PPP secara nasional. Dia tidak menjelaskan seperti apa upaya islah itu, namun dia menekankan upaya islah akan ditempuh dalam waktu dekat.

Ekspedisi Mudik 2024

Dimintai konfirmasi mengenai niat Suryadharma Ali itu, Romahurmuziy yang menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) I PPP menyatakan dirinya menyambut baik rencana tersebut. Dia dan kubunya menantikan Suryadharma Ali pada forum Mukernas yang akan digelar pada beberapa hari mendatang.

Sebelumnya terjadi konflik dalam tubuh PPP yang didasari ketidaksukaan sejumlah fungsionaris (kubu Romahurmuziy dan Suharso Monoarfa) atas langkah Suryadharma Ali mengatasnamakan partai mendukung Prabowo Subianto sebagai capres. Konflik ini bermula dari kedatangan Suryadharma Ali pada kampanye Partai Gerindra di Gelora Bung Karno, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Kubu Suharso Monoarfa lantas menggalang suara Ketua DPW untuk mengeluarkan mosi tidak percaya terhadap kepemimpinan Suryadharma Ali. Kubu Suryadharma Ali “membalas” dengan memecat Suharso dan rekan-rekannya serta merotasi jabatan Romahurmuziy. Belakangan kubu Suharso Monoarfa menggelar Rapimnas yang memutuskan pemberhentian sementara Suryadharma Ali sebagai ketua umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya