SOLOPOS.COM - Suasana demonstrasi mahasiswa di depan gedung DPR/MPR, Jakarta, Senin (23/9/2019). (Bisnis - Rayful Mudassir)

Solopos.com, JAKARTA – Unjuk rasa mahasiswa di Gedung DPR pada Senin (23/9/2019) malam sempat ricuh. Pagar tembok di sisi samping pintu DPR sempat dibobol. Polisi segera membendung aksi ini hingga kembali kondusif.

Ribuan mahasiswa masih bertahan di Jl Gatot Subroto tepat di depan halaman depan Gedung DPR. Hingga kini aksi masih berlangsung dan polisi berseragam lengkap masih terus berjaga di depan mahasiswa.

Promosi Wealth Management BRI Prioritas Raih Penghargaan Asia Trailblazer Awards 2024

Aksi ini sempat beberapa kali ricuh. Terakhir, mahasiswa berusaha membobol pagar dan pintu utama. Namun dari sejumlah upaya, aparat kepolisian langsung membendung langkah tersebut.

Berdasarkan pengamatan di lapangan, aparat terlihat cukup menjaga sikap. Sepanjang orasi mahasiswa dan desakan masuk ke lingkungan DPR, polisi hanya memasang barikade menghalau usaha tersebut.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono bahkan sempat terdesak oleh kawanan mahasiswa. Pasalnya, Kapolda memantau langsung unjuk rasa sejak sore hari. Beberapa kali lemparan kemasan minuman sempat diarahkan kepadanya, namun dihalau pasukan pengawalan.

Demo mahasiswa itu untuk menolak sejumlah Rancangan Undang-Undang sedang digodok DPR dan Pemerintah, yakni RUU Pertanahan, revisi UU KPK, RUU Permasyarakatan, dan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP).

Sejumlah pasal di RKUHP mengundang kritik dan protes dari sejumlah kalangan. Pun begitu, Presiden Joko Widodo dan DPR sepakat menunda pengesahan RKUHP yang direncanakan bakal paripurna pada Selasa (24/9/2019).

Beberapa pasal kontroversial dalam RKUHP dimaksud seperti pasal penghinaam presiden dan wakil presiden, pasal perzinahan, pasal aborsi, pasal kohabitasi atau kumpul kebo hingga pasal tentang korupsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya