SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA—Aktor papan atas Holywood Richard Gere agaknya tak jadi ketemu dengan orang nomor satu di Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Kedatangan Richard ke Keraton ternyata belum masuk agenda Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X.

Kepala Bidang Humas, Biro umum DIY Kus Kasriyati, menjelaskan Ricard Gere belum diagendakan bertemu dengan Gubernur DIY Sri Sultan HBo X. Kus menyebut, pada tanggal yang dijadwalkan Richard ke Keraton,  kemungkinan HB X masih berada di Jakarta dalam peluncuran buku berjudul Tahta Untuk Rakyat HB IX.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Peluncuran buku yang dilangsungkan di Taman Mini Indonsia Indah (TMMI) anjungan DIY itu akan dilangsungkan pada Sabtu (25/6) malam, sedangkan Gere dijadwalkan ke Keraton Ngayogyakarta pada hari yang sama. “Pelaksanaan peluncuran buku di TMMI pada tanggal 25 malam, tapi tanggal 24 kan sudah ada gladinya. Kalau agenda dengan Ricard Gere sampai sekarang belum diagendakan,” kata Kus.

Gere dipastikan akan mengunjungi Candi Borobudur pada Minggu (26/6) hingga Senin (27/6). Gere akan berkunjung ke Magelang bersama istrinya Carey Lowell serta putra tunggalnya Homer James Jigme Gere.

Menurut informasi yang didapatkan Harian Jogja, bintang film Pretty Woman itu akan didampingi Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik, serta sejumlah menteri terkait. Kedatangan Richard memang atas undangan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, untuk mempromosikan pariwisata Indonesia.

Di Borobudur, aktor kelahiran Philadelphia, AS,  31 Agustus 1949 itu akan disuguhi Sendratari Mahakarya Borobudur (The Masterpiece of Borobudur Ballet) pada Minggu malam. Sendratari akan digelar mulai pukul 20.00 WIB hingga sekitar pukul 22.00 WIB.

Sendratari Maharkarya Borobudur merupakan wisata malam di Candi Borobudur. Sebanyak 150 penari dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta dan seniman lokal Magelang akan tampil di panggung terbuka Aksobya sisi timur Candi Borobudur.

Inti cerita dari sendratari ini adalah kisah pembangunan Candi Borobudur, di pemerintahan Raja Smaratungga dari Dinasti Syailendra dan dengan arsitek Gunadharma. Cerita akan dilengkapi dengan gambaran kondisi masyarakat Jawa pada masa itu.

Pada Senin pagi, Richard Gere direncanakan akan melakukan ritual Peace Walk (Jalan Perdamaian)  mengelilingi candi sebanyak tiga kali. Ia akan ditemani ratusan biksu dan biksuni dari berbagai sangha di Indonesia.

Kepala Unit PT Taman Wisata Candi Borobudur(TWCB), Pujo Suwarno mengungkapkan kunjungan Richard Gere sekaligus untuk ibadah. “Richard Gere memang beragama Buddha,” katanya.

Menurutnya, Gere juga akan menikmati sejumlah wisata di sekitar Candi Borobudur seperti melihat boddi tree planting, mengunjungi Candi Mendut, bahkan berkeliling ke sejumlah Desa Wisata di sekitar Borobudur dengan menunggang gajah wisata.

Selama di Magelang, dikabarkan rombongan Richard Gere akan menginap di Resort Amanjiwo yang berada di bawah kaki Pegunungan Menoreh. Resort super mewah yang berjarak 1,5 kilometer dari Candi Borobudur itu pernah digunakan untuk menginap mantan pemain Manchester United (MU) dan Real Madrid, David Beckham.(Harian Jogja/Rina Wijayanti & Nina Atmasari)

Foto (celebrity9.com)

HARJO CETAK

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya