SOLOPOS.COM - Ilustrasi sertifkat (tanda bukti hak) atas tanah. (JIBI/Solopos/Dok.)

BPN menyerahkan ratusan sertifikat tanah kepada UMKM di Bantul.

Harianjogja.com, BANTUL— Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bantul memberikan ribuan sertifikat tanah kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Desa Wukirsari, Imogiri melalui program Pendaftaran Tanah Lengkap (PTSL). Tujuannya untuk memberi kemudahan para pelaku UMKM di bidang permodalan. Sebab tanah yang telah tersertifikasi dapat digunakan sebagai agunan saat mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Tim Sertifikasi PTSL 3, Tony Warman mengatakan pemberian sertifikat tanah pada pelaku UMKM ini merupakan salah satu bentuk program pemberdayaan masyarakat pasca legalisasi aset. Melalui program ini, BPN memilih masyarakat yang memiliki tanah yang sekaligus merupakan pelaku UMKM untuk kemudian diberi bukti legalitas tanahnya berupa sertifikat.

Ekspedisi Mudik 2024

Tony menyebut pada gelombang pertama ini, pihaknya menyerahkan 149 sertifikat tanah kepada para pelaku UMKM di Desa Wukirsari. Sedangkan pada Desember mendatang, ada 1.100 sertifikat tanah yang akan dibagikan. Namun menurutnya tak hanya pelaku UMKM aktif saja yang dapat mengakses program ini.

Bagi masyarakat yang tanahnya belum tersertifikasi namun bersedia untuk bergabung pada koperasi UMKM binaan BPN yang ada di tingkat desa, bakal dilayani pula. “Targetnya 2025 semua tanah di Indonesia tersertifikasi semua,” katanya saat ditemui di sela-sela acara Gebyar Rajut di Balai Desa Wukirsari, Kamis (5/10/2017).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya