SOLOPOS.COM - Ulat bulu di Semin (JIBI/HARIAN JOGJA/KURNIYANTO)

Ulat bulu di Semin (JIBI/HARIAN JOGJA/KURNIYANTO)

GUNUNGKIDUL—Ribuan ulat bulu menyerang ratusan pohon jambu mete di Dusun Kaligayam Kidul, Desa Rejosari. Ulat sepanjang tiga sentimeter telah muncul sejak tiga pekan lalu dan sekarang jumlahnya tambah banyak.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

Ny Giyono, 45, warga Kaligayam Kidul menceritakan, tiga pekan dia mengetahui adanya ulat bulu tersebut. Saat itu jumlahnya hanya puluhan, namun kini diperkirakan sudah mencapai ribuan.

“Mungkin malah bertelur dan sekarang ulatnya justru ke mana-mana,” ujarnya, Rabu (7/3).

Ribuan ulat bulu berwarna coklat keemasan itu berukuran sebesar jempol ukuran orang dewasa. Ulat tidak hanya menyerang pohon jambu mete, tapi juga mangga dan merayap di halaman rumah. Menurut Ny Giyono setiap tahun, khususnya di musim hujan ini, pohon jambu mete miliknya memang kerap terkena serangan ulat. Namun serangan kali ini lebih besar.

Terpisah, Anik Indarwati, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Gunungkidul mengaku akan mendalami temuan ulat bulu itu. Dalam waktu dekat pihaknya akan mengirim petugas untuk memeriksa jenis ulat bulu itu dan memberi solusi bagi petani untuk menanganinya.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya