SOLOPOS.COM - Para suporter mengiringi bus yang mengangkut para pemain Persis Solo yang berangkan menuju Bogor, Sabtu (11/12/2021). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Ribuan suporter mengantar keberangkatan Persis Solo bertolak ke Bogor, Sabtu (11/12/2021) pagi. Mereka bersepeda motor mengiringi bus tim berjuluk Laskar Sambernyawa itu dari mess di Kawasan Sriwedari, Laweyan, Solo hingga pintu tol Ngasem, Colomadu, Karanganyar.

Tim besutan Eko Purdjianto tersebut bakal bermain di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor pada 15, 19, dan 22 Desember 2021. Babak delapan besar Liga 2 itu menjadi penentu Persis Solo bakal melaju ke semifinal atau tidak.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah seorang suporter yang ikut serta, Aditomo Susilo Nugroho, 25, mengaku konvoi pengawalan itu sudah berdasarkan kesepakatan dan koordinasi dengan pihak Manajemen Persis Solo.

Baca Juga: Tak Gelar Konvoi, Pasoepati Mendukung Persis Lewat Doa

Ekspedisi Mudik 2024

“Kesepakatan hanya 100 sepeda motor atau 200 orang yang boleh mengawal dari mess. Ternyata, di sepanjang jalan, sudah ada banyak suporter yang menunggu. Mereka lantas bergabung mengantar keberangkatan tim,” kata dia, dihubungi Solopos.com, Sabtu siang.

Persis Solo
Para suporter Persis Solo memadati bundaran Kartasura, Sukoharjo, saat mengiringi keberangkatan skuat Laskar Sambernyaw ke Bogor, Sabtu (11/12/2021). (Istimewa)

Tomo, panggilan akrabnya, menyampaikan pemain berangkat dari mess sekitar pukul 08.00 WIB dan sampai di gerbang tol pukul 09.30 WIB. Rutenya, dari Jl. Dr. Sutomo – Jl. Slamet Riyadi – Jl. Bhayangkara – kemudian berputar sampai ke Jl. Slamet Riyadi lagi untuk seterusnya sampai gerbang pintu tol Ngasem.

Suporter yang terus bergabung di sepanjang jalan tak terelakkan hingga membuat iring-iringan itu berjalan perlahan.

“Petugas kepolisian mengawal perjalanan tersebut. Mereka berada paling depan atau di depan bus tim. Tidak ada tindakan represif atau pembubaran seperti yang terjadi beberapa waktu lalu mulai dari titik awal keberangkatan sampai akhir,” ucapnya.

Baca Juga: Adaptasi Cuaca, Persis Berangkat Lebih Awal ke Bogor

Tomo menyebut suporter yang ikut berkonvoi jumlahnya mencapai 5.000-an orang. Di muka gerbang tol Ngasem, mereka sempat menyalakan flare, meneriakkan yel-yel, dan menyanyikan lagu-lagu chant seperti anthem Satu Jiwa. Kemacetan pun tak terhindarkan.

“Untuk berbelok dari lampu merah ke gerbang tol saja butuh waktu 10 menit,” imbuhnya.

Tom mengaku momen tersebut sangat ditunggu mengingat Liga 2 bermain tanpa penonton di Stadion Manahan. Suporter yang sempat berkeinginan mengantar keberangkatan tim dari mess hingga Stadion Manahan pun dilarang.

“Sepanjang jalan, warga benar-benar ikut mendukung Persis Solo. Mereka merekam, melambaikan tangan, menitipkan doa kepada tim kebanggaan. Ternyata Persis Solo memang patut disyukuri dan membuat warga bareng-bareng mendukung lewat caranya masing-masing,” paparnya.

Baca Juga: Songsong 8 Besar Liga 2, Jacksen Tiago: Harusnya Lebih Baik

Media Officer Persis Solo, Bryan Barcelona, melalui keterangannya, Jumat (10/12/2021), mengatakan setelah tiba di Kota Hujan, Persis Solo akan langsung menjalani pemusatan latihan. Keberangkatan selang empat hari sebelum laga perdana itu juga sebagai adaptasi kondisi pemain dengan kondisi Bogor.

“Skuat berangkat Sabtu dan langsung menggelar pemusatan latihan di wilayah Jabodetabek tempat babak delapan besar digelar. Ini sebagai langkah adaptasi dan meningkatkan fokus di babak delapan besar nanti,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya