SOLOPOS.COM - Sejumlah pohon pinus berukuran kecil di kawasan Gunung Merbabu, Kabupaten Magelang patah batang karena diterjang angin kencang, Rabu (23/10-2019). (Antara-Heru Suyitno)

Solopos.com, MUNGKID — Ribuan pohon pinus di Taman Nasional Gunung Merbabu, wilayah Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah patah atau tumbang diterjang angin kencang dalam beberapa hari terakhir.

Berdasarkan pantauan Kantor Berita Antara, Rabu (23/10/2019), pohon-pohon pinus yang patah dan tumbang itu berada di kawasan hutan di bagian atas Dusun Kecitran, Desa Ketundan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Kecitran merupakan dusun tertinggi di lereng Gunung Merbabu.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu Junita Parjanti mengatakan pohon pinus di Merbabu ditanam sekitar tahun 1953 hingga 1998. Pohon-pohon pinus yang tumbang tersebut sementara waktu ini belum didata jumlahnya karena menunggu kondisi aman.

Ia mengatakan nantinya jika kondisi sudah aman akan dilakukan pendataan. Penanganan yang dilakukan saat ini pada perbaikan rumah-rumah warga yang mengalami kerusakan akibat amukan angin kencang itu.

"Saat ini, masyarakat masih dalam proses pembenahan tempat tinggalnya yang mengalami kerusakan dan angin masih kencang. Sementara ini belum didata jumlah pohon yang patah atau tumbang menunggu kondisi aman," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya