SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Klaten (Espos)--Ribuan pengungsi di Posko Keputran, Kecamatan Kemalang, Klaten akhirnya dipindah ke medan latihan Dodiklatpur Rindam IV/Diponegoro, Glodokan, Klaten Selatan, Jumat (5/11) sore.

Pantauan Espos di lokasi, para pengungsi mulai panik seiring munculnya suara gemuruh dari puncak Gunung Merapi sekitar pukul 14.45 WIB. Selain pengungsi, warga sekitar juga turut mengungsi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Proses evakuasi menggunakan angkutan massal seperti truk, pikap, kendaraan pribadi, dan motor. Lokasi pengungsian yang berjarak sekitar 20 km itu pun dinilai sudah tidak aman lagi.

“Saya tidak ingin kecolongan lagi. Semua pengungsi dan warga sekitar harus segera meninggalkan lokasi ini,” papar Camat Kemalang, Suradi saat ditemui di lokasi.

Selain di medan latihan Dodiklatpur, beberapa lokasi lain yang dijadikan lokasi pengungsian adalah Pendapa Pemkab Klaten, gedung DPRD, Gor Gelarsena, Gor SMKN 3, PG Gondang Baru, dan sejumlah bangunan sekolah dan balaidesa di Kebonarum, Jogonalan, Klaten, Prambanan, dan Jatinom.

Hingga sore hari, jajaran petugas dari Satkorlak PB Merapi masih melakukan pendataan jumlah pengungsi. Diperkirakan jumlah pengungsi mengalami peningkatan drastis.

mkd

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya