SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, MAGETAN — Ribuan pendaki diprediksi memadati puncak Gunung Lawu via jalur pendakian Cemoro Sewu, Kabupaten Magetan, Jatim, pada perayaan malam Tahun Baru 2019. Pendaki pun diminta untuk mewaspadai angin kencang terjadi di puncak Lawu.

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magetan, Fery Yoga Saputra, mengatakan jalur pendakian Gunung Lawu sudah dipadati pendaki sejak beberapa hari lalu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Jalur pendakian Cemoro Sewu sempat ditutup pada Minggu (30/12/2018) sekitar pukul 09.00 WIB karena ada badai angin di puncak Lawu.

“Kemarin sempat ditutup jalur pendakian. Ada badai angin kencang. Tapi tadi sudah dibuka jalur pendakiannya sekitar pukul 08.00 WIB,” kata Fery Yoga Saputra saat dihubungi Madiunpos.com, Senin (31/12/2018).

Setelah jalur pendakian dibuka, ratusan pendaki langsung mendaki ke atas. Saat ini, data sementara pendaki yang sudah melakukan pendakian lebih dari seribuan orang. Jumlah itu diprediksi akan terus bertambah hingga malam pergantian tahun nanti.

“Mereka kan ingin merayakan tahun baru di atas puncak. Jadi siang ini puncaknya para pendaki ke atas,” jelas dia.

Fery Yoga Saputra mengimbau kepada seluruh pendaki untuk waspada saat naik ke atas karena cuaca buruk bisa datang kapan saja. Para pendaki juga diharapkan membawa pakaian pendakian yang standar sehingga saat di puncak tidak kedinginan.

BPBD Magetan beserta Basarnas dan sukarelawan juga mendirikan posko di Cemorosewu. Hal ini untuk memastikan penanganan saat ada bencana terjadi di jalur pendakian. Apalagi, jalur pendakian Cemorosewu merupakan daerah rawan bencana.

Ada puluhan personel yang disigakan di setiap pos pendakian hingga puncak Lawu. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya