Ribuan Orang Ramaikan Haul Syech Subakir di Magelang
Warga mengikui tablig akbar Haul Syech Subakir di kawasan Gunung Tidar, Kota Magelang, Kamis (3/10/2019) malam. (Antara-Humas Pemkot Magelang)

Semarangpos.com, MAGELANG — Masyarakat dari berbagai daerah tumpah ruah mengikuti tablig akbar dengan menghadirkan K.H. Ahmad Muafiq alias Gus Muafiq yang diselenggarakan Pemerintah Kota Magelang dalam agenda Haul Syekh Subakir di kawasan Gunung Tidar, Magelang, Kamis (3/10/2019) malam.

Rilis Humas Pemkot Magelang yang dikutip Kantor Berita Antara, Jumat (4/10/2019), menyebutkan bahwa agenda yang kedua kali digelar di Jl. Ikhlas, kompleks Pertokoan Rejotumoto Kota Magelang itu, mendapat apresiasi dari Wali Kota Sigit Widyonindito. ”Saya apresiasi luar biasa kepada penyelenggara. Tahun ini adalah kedua kalinya Haul Syekh Subakir digelar di Kota Magelang,” katanya saat membuka haul itu.

Sigit menjelaskan agenda haul tersebut merupakan ungkapan terima kasih dan takzim kepada Syekh Subakir yang diyakini sebagai pendahulu syiar agama Islam sebelum walisongo. ”Jadi haul ini terlaksana setelah kita sempat tanya-tanya dulu ke para tokoh agama, kiai, sejak setahun yang lalu. Pada intinya, ini menjadi ungkapan terima kasih dan takzim terhadap Syekh Subakir yang makamnya ada di Gunung Tidar ini,” katanya di Kota Magelang, Jawa Tengah.

Pemkot Magelang akan berkomitmen melaksanakan kegiatan serupa pada tahun-tahun mendatang. Bahkan, dengan acara yang lebih meriah dan besar lagi.

Pada kesempatan itu, Gus Muwafiq dari Jogja mengisahkan tentang perjuangan para walisongo dalam menyebarkan ajaran agama Islam di Nusantara. Walisongo, katanya, dahulu berjuang menyebarkan agama Islam di tengah agama yang sudah lebih dahulu ada, yakni Hindu dan Buddha.

Peran Syekh Subakir sebelum Walisongo, lanjutnya, memiliki perjuangan yang sama besar dalam menegakkan ajaran Islam.  Dia mengajak warga Kota Magelang untuk menghargai keberadaan Syekh Subakir, salah satunya dengan menggelar haul.

Pada kesempatan itu, jemaah pengajian juga diberikan nasi bungkus berisi daging sapi. Sekitar 3.000-an nasi bungkus dengan menu masakan daging sapi dibagikan kepada jemaah. Dua ekor sapi, pada pagi sebelumnya disembelih langsung oleh Gus Muafiq di kawasan lereng Gunung Tidar.

Ribuan orang yang mengikuti tablig akbar meluber dari Jl. Ikhlas ke Jl. Sudirman di sisi timur sehingga arus lalu lintas dialihkan ke Jl. Beringin oleh petugas. Haul Syekh Subakir tahun ini juga dibarengi dengan Festival Tidar.

Selain pentas budaya, agenda Festival Tidar ditandai pula dengan pameran produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) se-Kota Magelang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber: Antara


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho