SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Denpasar–Ribuan orang hadir pada perayaan Shie Jit Thien Sang Sen Muk atau peringatan  hari lahirnya Dewa Perdagangan Antar Pulau, di Klenteng Caow Eng Bio Tanjung Benoa, Badung, Bali. Perayaan tersebut digelar mulai hari ini, Kamis hingga Minggu (6-9/5).

Perayaan yang dipimpin oleh tiga orang pendeta ini akan diikuti umat Khonghucu, Tao, dan Buddha  dari seluruh Bali, beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta dan Surabaya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Selain itu kami juga akan mengundang saudara-saudara umat Hindu dan Muslim yang ada di daerah Tanjung Benoa untuk hadir sebagai wujud persaudaraan dan kerukunan antar umat beragama,” jelas Ketua Panitia Upacara Liong Siu Yang, yang mempunyai nama Bali Nyoman Suyanti Adiartha.

Selain menggelar persembahyangan, dalam perayaan ini juga di gelar ritual Ci Suak massal. “Kami akan menggelar Ci Suak, dalam bahasa Balinya disebut mebayuh, buang sial atau ruwatan massal,” kata Suyanti.

Klenteng Caow Eng Bio merupakan salah satu Klenteng tertua di Bali. Klenteng ini diperkirakan sudah ada sejak abad ke-16 masehi. Klenteng ini dibangun oleh leluhur keturunan China yang datang ke Bali dari daratan Tiongkok sebagai pedagang.

dtc/ tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya