SOLOPOS.COM - Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho, memberikan informasi terkait pemusnahan miras di halaman Mapolres Sukoharjo, Rabu (30/3/2022). (Solopos-Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, SUKOHARJO –– Polres Sukoharjo menggelar pemusnahan minuman keras (miras) sejumlah 2.168 liter di halaman depan Mapolres Sukoharjo, Jl. Jaksa Agung R. Soeprapto, Tanjungsari, Sukoharjo, Rabu (30/3/2022).

Pemusnahan miras dengan cara menuangkannya ke tong khusus dan selanjutnya akan dibuang ke instalasi pengolahan air limbah (IPAL) Mojosongo Solo atau TPA Mojorejo di Bendosari Sukoharjo.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kapolres Sukoharjo, AKBP Wahyu Nugroho, mengatakan sejumlah 2.168 liter miras itu merupakan barang bukti yang disita dari Operasi Pekat (Penyakit Masyarakat) yang telah dilaksanakan selama bulan Maret 2022 menjelang Ramadan di wilayah hukum Polres Sukoharjo.

Baca juga: Apes! Belum Dapat Bayaran, Pengedar Narkoba di Sukoharjo Diciduk Polisi

“Barang bukti miras ada yang berjenis tradisional [ciu] dan juga jenis pabrikan, ini ada sejumlah 17 buah jeriken minuman ciu atau alkohol setengah jadi, kemudian botol plastik sejumlah 1.098 minuman ciu atau alkohol setengah jadi, minuman pabrikan 198 botol [kaca],” jelasnya dalam kegiatan tersebut.
Miras tersebut dari hasil operasi gabungan polsek dan juga operasi gabungan Polres.

Sumber Kriminalitas

Selain itu, dia mengatakan dalam kegiatan tersebut telah diamankan pelaku sebanyak 32 orang dari berbagai daerah di Kabupaten Sukoharjo, yang melanggara aturan Perda Kabupaten Sukoharjo nomor 6 tahun 2017 tentang pengawasan, pengendalian, peredaran, dan penjualan minuman beralkohol.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, miras bisa dikatakan sebagai sumber kriminalitas, baik itu ketertiban lalu lintas, penganiayaan, dan kejahatan-kejahatan asusila,” katanya.

Baca juga: Ikuut! Vaksinasi Lansia di Polres Sukoharjo Berhadiah Sepeda Motor

Anggota Komisi III DPR, Eva Yuliana, yang juga hadir dalam pemusnahan miras tersebut menyampaikan apresiasi terkait kegiatan Polres Sukoharjo itu.

“Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi terhadap apa yang dilakukan Kapolres Sukoharjo dalam rangka menghadapi Bulan Puasa dengan melaksanakan kegiatan ini,” katanya.

Lebih lanjut, dia berharap Polres Sukoharjo dapat mengawal masyarakat khususnya bagi yang akan beribadah dalam bulan ramadan. Selain itu dia berpesan beberapa tempat hiburan maupun keramaian harus dibina dengan baik.

Baca juga: Asap Hitam Mengepul, Ternyata Warung Bakso di Mayang Sukoharjo Terbakar

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya