Ribuan Koleksi Buku Perpustakaan Mangkunegaran Solo Dipindah, Ada Apa?

Ribuan koleksi perpustakaan Reska Pustaka di Pura Mangkunegaran Solo dipindahkan dari sebelumnya di lantai II ke lantai dasar.

 Petugas sedang menyelesaikan penataan Perpustakaan Reksa Pustaka di lantai dasar kompleks Pura Mangkunegaran Solo, Rabu (26/1/2022). (Solopos/Ika Yuniati)

SOLOPOS.COM - Petugas sedang menyelesaikan penataan Perpustakaan Reksa Pustaka di lantai dasar kompleks Pura Mangkunegaran Solo, Rabu (26/1/2022). (Solopos/Ika Yuniati)

Solopos.com, SOLO — Ribuan koleksi buku di perpustakaan Reksa Pustaka Pura Mangkunegaran Solo yang awalnya disimpan di lantai II dipindah ke lantai dasar. Ada tiga ruangan yang disiapkan untuk menampung koleksi perpustakaan istana tersebut.

Pengelola Reksa Pustaka, Darweni, kepada Solopos.com, Rabu (26/1/2022), mengatakan ruangan lama yang berada di lantai II hanya digunakan untuk menyimpan arsip serta manuskrip. Sementara buku-buku koleksi mereka dipindahkan di lantai dasar.

PromosiAspal Meleleh, Krisis Iklim Perburuk Gelombang Panas India-Pakistan

Hal itu mereka lakukan untuk mengurangi beban lantai II yang berbahan dasar kayu. “Buku-buku berat. Sementara lantai II itu dasarannya sudah kuno, dibuat dari papan. Bebannya berat, makanya buku-buku kami pindah. Atas dibuat menyimpan yang ringan-ringan,” terangnya.

Baca Juga: Tanpa Ini, Pemimpin Baru Mangkunegaran Solo Tidak akan Punya Otoritas

Sejauh ini mereka hanya bisa melakukan upaya penataan ulang, bukan menambah bangunan dan lainnya. Hal itu karena perpustakaan Pura Mangkunegaran Solo merupakan cagar budaya, sehingga tidak boleh ditambah ataupun diubah bentuknya.

Upaya yang bisa mereka lakukan hanyalah mengurangi beban lantai II. Penataan perpustakaan tersebut sudah dilakukan dua pekan lalu. Selama itu, mereka juga membuka pelayanan untuk pengunjung meskipun tidak maksimal.

Darweni memastikan pembenahan selesai pekan depan dan pelayanan bisa kembali normal. Perpustakaan Pura Mangkunegaran Solo dibuka untuk masyarakat sejak 1980. Koleksi di dalamnya yakni buku, naskah kuno, foto, dan arsip.

Baca Juga: Berharap Suksesi Damai di Pura Mangkunegaran Solo, Tanpa Polarisasi

6.000 Judul

Saat ini, jumlah keseluruhan koleksi naskah dan buku kurang lebih 6.000 judul. Naskah tertua yang dimiliki adalah Serat Menak berasal dari Bali dengan bahasa Jawa, berhuruf Jawa, dan ditulis di lontar.

Koleksi khas yang lain adalah karya luhur dari Mangkunagoro IV yakni Serat Wedhotomo, Serat Tripomo, Serat Woroyagyo, dan Serat Laksita Raja. Pengunjung perpustakaan itu cukup banyak dengan tujuan berbeda-beda.

Namun, mayoritas adalah pelajar atau mahasiswa yang ingin mencari bahan materi untuk penelitian. Salah satu pengunjung yang Solopos.com temui di Perpustakaan Mangkunegaran Solo pada Rabu siang yakni mahasiswi Universitas Gadjah Mada (UGM), Hanun Shakina.

Baca Juga: Suksesi Mangkunegaran Solo, Paundrakarna Sebut Bhre Boneka Ibunya

Hanun sudah beberapa hari bolak balik ke Reksa Pustaka untuk mencari bahan skripsinya. Meski tengah sibuk menata ruangan, petugas tetap melayaninya dengan mencarikan manuskrip maupun bahan lain yang dibutuhkan.

“Beberapa naskah yang posisi penyimpanannya gampang ya dicarikan. Yang ternyata masih numpuk dan belum ditata, ya enggak dicarikan. Besok kalau sudah selesai penataannya ke sini lagi,” katanya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Aspal Meleleh, Krisis Iklim Perburuk Gelombang Panas India-Pakistan

+ PLUS Aspal Meleleh, Krisis Iklim Perburuk Gelombang Panas India-Pakistan

Gelombang panas ekstrim menghantam India dan Pakistan dengan cuaca bertemperatur tinggi hingga 50 derajat celcius yang membuat aspal meleleh dan diprediksi bakal lebih buruk akibat krisis iklim.

Berita Terkini

Begini Suasana Perayaan Kenaikan Isa Almasih di Wonogiri

Sejumlah personel Kepolisian Resor (Polres) Wonogiri diterjunkan ke sejumlah gereja selama ibadah perayaan Kenaikan Isa Almasih, Kamis (26/5/2022).

Pandemi Covid-19! Penangkar Jalak di Bayat Klaten Tetap Untung

Peternak jalak di Kampung Jalak, Dukuh Nglebak, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, masih merasakan keuntungan di tengah pandemi Covid019.

PPPK Klaten Geruduk BKPSDM Klaten PascaPeroleh SK, Ada Apa?

Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang pekan lalu baru menerima surat keputusan (SK) menggeruduk Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Klaten, Rabu (25/5/2022).

Gibran Dan Menhub Jajal KRL Solo Balapan-Palur, Sudah Siap Beroperasi?

Menhub Budi Karya Sumadi dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjajal jalur KRL Solo Balapan-Palur, Kamis (26/5/2022).

PMK Belum Pengaruhi Harga Daging Sapi di Wonogiri, Benarkah?

Merebaknya kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) dinilai belum mempengaruhi harga daging sapi di Wonogiri.

PMK Mulai Serang Sapi Lokal Wonogiri, Ini Persebarannya?

Sebanyak lima ekor sapi lokal di Wonogiri mulai terserang penyakit mulut dan kuku (PMK), Selasa (24/5/2022).

Serangan Jantung, Warga Karanganyar Meninggal di Pertapaan Pringgodani

Seorang pengunjung kawasan wisata religi pertapaan Pringgodani di Desa Blumbang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Boyolali Hari Ini: 26 Mei 2015, Dirazia! Anak Punk Pamer Tato Doraemon

Tujuh tahun lalu, tepatnya 26 Mei 2015, Polres Boyolali menangkap enam anak punk lewat operasi cipta kondisi di sepanjang Jalan Raya Ampel sampai Sunggingan Boyolali Kota.

PMK & Penutupan Pasar Hewan Tak Pengaruhi Harga Daging Sapi Sukoharjo

Harga daging sapi di Pasar Ir Soekarno Sukoharjo tidak terpengaruh dengan merebaknya wabah PMK di beberapa daerah Soloraya maupun penutupan Pasar Hewan Bekonang.

Kisah 43 Calhaj Purwantoro ke Tanah Suci Berkat Program Talangan Haji

Di tahun 2022, Kecamatan Purwantoro memberangkatkan calon haji (calha) terbanyak se-Wonogiri, yakni mencapai 43 orang.

Ganjar Pranowo Ikuti Blusukan Jokowi di Solo, Terpisah Dari Rombongan

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ikut blusukan Presiden Jokowi ke sejumlah lokasi di Solo namun memisahkan diri dari rombongan.

Menikahi Adik Jokowi, Segini Harta Kekayaan Ketua MK Anwar Usman

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman tengah menjadi sorotan seusai resmi menikah dengan adik Presiden Joko Widodo (Jokowi), Idayati pada Kamis (26/5/2022) di Solo.

Pedagang Sapi Wonogiri Ini Ketakutan saat Didatangi Polisi, Kenapa?

Pedagang sapi di Wonogiri mengaku tertekan dengan kehadiran aparat polisi saat proses pemeriksaan kesehatan yang diselenggarkan Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislapernak) ternak di pasar hewan.

Pemain Srimulat Hil Yang Mustahal Kunjungi Griya Solopos, Ngapain Aja?

Sejumlah pemain film Srimulat: Hil Yang Mustahal mengunjungi Griya Solopos dalam rangkaian tur mereka di Solo, Kamis (26/5/2022).

Bukan Kaus, Jokowi Bagikan BLT Minyak Goreng di Pasar Mojosongo Solo

Presiden Joko Widodo membagikan bantuan modal usaha dan BLT minyak goreng kepada masyarakat saat berkunjung ke Pasar Mojosongo Solo pada Kamis (26/5/2022).