Salah satu peserta Pawai Taaruf Kota Madiun menaiki patung unta, Minggu (1/9/2019)./ (Istimewa/Pemkot Madiun)

Madiunpos.com, MADIUN -- Ribuan anak-anak dari berbagai sekolah di Kota Madiun mengikuti Pawai Ta’aruf untuk merayakan Tahun Baru Islam atau 1 Muharam 1441 Hijriah, Minggu (1/9/2019). 

Pawai Ta’aruf itu berlangsung meriah dengan berbagai penampilan kreatif dari ribuan peserta. Peserta pawai ini dari 23 lembaga sekolah TK, 24 SD dan MI, 17 SMP/sederajat, dan 6 SMA/MA. 

Pawai ini dimulai dari depan Masjid Agung Baitul Hakim Madiun dan kemudian finis di Jl. Dr. Sutomo bagi peserta pawai tingkat SD hingga SMA. Sedangkan peserta tingkat TK selesai di depan Balai Kota Madiun. 

Masing-masing peserta membawa tema yang beragam. Ada peserta yang membawa replika Masjid Taman Kota Madiun, kerajaan Islam di Tanah Air, kostum Walisanga, dan tokoh Islam Nusantara lainnya. Selain itu, anak-anak ini juga membawakan berbagai tarian yang bernapaskan Islam seperti tari Zapin. 

Wali Kota Madiun, Maidi, menyampaikan kegiatan ini tidak hanya penuh dengan pesan-pesan agama, tetapi juga diwarnai dengan seni dan budaya. Ada yang menampilkan kesenian dongkrek hingga ogoh-ogoh. 

"Ada banyak pesan agama yang ditampilkan. Tapi ada juga yang menampilkan sisi lain walaupun masih dalam kaidah keagamaan. Pawai ini akan jadi tradisi yang akan kita sempurnakan," kata dia. 

Maidi menuturkan tahun depan peserta pawai akan dibagi menjadi dua yaitu pawai kemerdekaan dan pawai ta’aruf. Untuk pawai kemerdekaan pesertanya berasal dari masyarakat, sedangkan anak-anak sekolah jadi penonton. Untuk pawai ta’aruf anak-anak yang akan tampil dan masyarakat yang menyaksikan.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten