SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta--Pertemuan bilateral delegasi Indonesia dan Malaysia di Kuala Lumpur menghasilkan sejumlah kesepakatan. Salah satunya, mengenai proses penandatanganan MoU antara Indonesia-Malaysia terkait penempatan dan perlindungan TKI.

“Kedua delegasi antusias dan tampaknya hambatan teknis yang sebelumnya ada, sekarang sudah bisa diatasi. Saya sangat gembira dengan perkembangan ini,” ujar Menakertrans Muhaimin Iskandar dalam rilis yang diterima detikcom, Selasa (11/5).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

MoU yang sudah lama direncanakan tersebut molor dari jadual semula. Sebelumnya ada 2 poin kesepahaman yang masih dirundingkan dan belum ada titik temu, yaitu biaya penempatan dan batasan upah TKI.

“Pada dasarnya, MoU ini lebih bersifat mengikat karena apa yang tertuang sesungguhnya sudah sebagian sudah terlaksana saat ini,” ujar mantan Wakil Ketua DPR RI ini.

Menurut Muhaimin, pertemuan bilateral tersebut membuahkan dua agenda pokok, yaitu penandatanganan MoU dijadwalkan bertepatan dengan kunjungan Presiden SBY ke Kuala Lumpur. Untuk itu, Muhaimin memerintahkan Plt Dirjen Binapenta A. Malik Harahap dan Direktur PTKLN Roos tetap tinggal di Kuala Lumpur guna melanjutkan pembicaraan teknis penandatanganan MoU tersebut.

Agenda kedua adalah memaksimalkan pertemuan joint committee melalui agenda pertemuan berkala yang lebih intensif, khususnya untuk penyelesaian kasus TKI dan penanggulangan TKI ilegal.

“Dua agenda itu menjadi titik tolak bagi proses baru penempatan dan perlindungan TKI di Malaysia,” tutur Muhaimin.

Selain dua agenda mengenai TKI, delegasi Indonesia lainnya juga mencapai kesepakatan di bidang evaluasi kerjasama bilateral selama ini dan illegal logging. Kesepakatan ini akan menjadi agenda pokok kunjungan Presiden SBY pekan depan.

dtc/tya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya