SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta— Agence Francaise de Developpement (AFD) memberikan pinjaman US$ 50 juta kepada Indonesia untuk meningkatkan pekerjaan distribusi listrik Jawa-Bali. Pinjaman ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi energi jaringan distribusi listrik.

Seperti dikutip dari siaran pers AFD, Selasa (1/6), efisiensi tersebut akan memberikan dampak positif untuk emisi Co2. Pada tahun 2008 lalu, kerugian teknis jaringan listrik Indonesia sebanyak 10,5 persen, di mana 8,5 persen kerusakan ada di jaringan yang kelebihan muatan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal ini mengakibatkan tingginya tingkat kerugian dan rendahnya kualitas penyediaan tenaga ke pelanggan. Untuk itu, investasi besar diperlukan dalam sistem distribusi agar dapat mengikuti peningkatan produksi dan konsumsi listrik.

Proyek ini akan memperbaika jaringan distribusi di lima wilayah PLN pada pulau Jawa dan Bali dengan memasang trafo dan kapasitor baru untuk konfigurasi ulang jaringan.

PT PLN (Persero) aka bertanggung jawab atas keseluruhan pengawasan teknis dan pelaksanaan proyek. Perkiraan investasi proyek ini diperkirakan mencapai US$ 119 juta yang akan didanai melalui dua pinjaman lunak dan berjangka panjang.

Pinjaman masing-masing sebanyak US$ 50 juta akan disediakan oleh AFD dan Asian Development Bank (ADB) kepada Pemerintah dan dipinjamkan ke PLN.

Perusahaan pelat merah itu akan membiayai sendiri selisih sebesar US$ 19 juta tadi. Semua pekerjaan akan dilakukan dalam dua tahun dengan target beroperasi pada pertengahan 2012.

Penandatanganan perjanjian antara kedua belah pihak aka dilakukan Kamis (3/6) mendatang, dilakukan oleh Dirjen Pengelolaan Utang Rahmat Waluyanto dan Direktur AFD di Indonesia Joel Dallgault di ruang rapat Ditjen Pengelolaan Utang.

dtc/tya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya