SOLOPOS.COM - Rhoma Irama (Youtube)

Solopos.com, JAKARTA — Rhoma Irama, menggugat perusahaan rekaman PT Sandi Record. ia menuntut pembayaran ganti rugi senilai Rp1 miliar atas dugaan pelanggaran hak cipta milik sang Raja Dangdut.

Gugatan itu didaftarkan oleh Rhoma melalui penasihat hukumnya, Hulviam Pratama Nugraha, dengan nomor gugatan 1/Pdt.Sus-HKI/Cipta/2021/PN Niaga Sby, ke Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Senin (25/1/2021). Inti gugatan tersebut adalah pihak Rhoma Irama merasa Sandi Record telah melanggar hak cipta.

Promosi Adu Cermat Peserta Pilpres Gaet Suara Pemilih Muda yang Moody

Baca Juga: Cegah Klaster Keluarga, Tetap 3M di Rumah!

Sandi Record, disebut tak memiliki izin untuk menggubah dan mengunggah lagu-lagu ciptaan legenda dangdut tersebut ke kanal Youtube – nya. Padahal dari pengunggahan konten tersebut, menurut Rhoma Irama, pihak Sandi Record telah mendapatkan keuntungan secara finansial.

“Menghukum tergugat (Sandi Record) Rp1 miliar atau yang telah diterima dari YouTube atas Perbuatan Melanggar Hak Cipta maksimal tujuh hari sejak putusan perkara,” tulis Rhoma Irama dalam petitum gugatannya di Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PN Surabaya, Selasa (26/1/2021).

Rhoma Irama juga menuntut permintaan maaf dari pihak Sandi Record  melalui 3 media massa terkemuka di Indonesia. Selain itu, Sandi Record juga diminta untuk menghentikan kegiatan memanfaatkan tanpa izin (secara komersil) lagu-lagu karya Rhoma Irama melalui pihak ketiga pada seluruh media publikasi.

Bayar Uang Paksa!

Apabila putusan itu tidak dijalankan atau dipatuhi oleh tergugat, lanjut petitum gugatan, maka pihak Sandi Record sebagai tergugat harus membayar uang paksa (dwangsom) senilai Rp1 juta setiap hari. “Menghukum tergugat membayar seluruh biaya perkara,” tambah Rhoma Irama dalam gugatannya tersebut.

Adapun Sandi Record adalah sebuah perusahaan atau studio rekaman dangdut lokal di Banyuwangi, Jawa Timur.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya