SOLOPOS.COM - Pekerja sedang menyelesaikan pembangunan Umbul Tirtomulyo. Warga desa berharap pembangunan umbul bisa meningkatkan kesejahteraan mereka. Foto diambil Jumat (7/12/2012). (JIBI/SOLOPOS/Mahardini Nur Afifah)

Pekerja sedang menyelesaikan pembangunan Umbul Tirtomulyo. Warga desa berharap pembangunan umbul bisa meningkatkan kesejahteraan mereka. Foto diambil Jumat (7/12/2012). (JIBI/SOLOPOS/Mahardini Nur Afifah)

BOYOLALI – Revitalisasi Umbul Tirtomulyo di Dusun Umbul, Kemasan, Sawit, Boyolali, tahap pertama sudah berjalan 60%. Warga sekitar umbul berharap, revitalisasi umbul yang dibangun oleh Pakubuwono X tersebut bisa memberikan peningkatan kesejahteraan.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Warga Umbul RT 001/002, Kemasan, Mursidi, 65, kepada Solopos.com, Jumat (7/12/2012), menjelaskan sebelum ada revitalisasi sudah banyak pengunjung yang melakukan ritual kungkum di Umbul Tirtomulyo. Ke depan Mursidi menilai pengunjung umbul bisa lebih banyak lagi. “Pada dasarnya warga menyambut gembira pembangunan umbul yang nantinya dilengkapi fasilitas wahana permainan air tersebut. Kalau dulu ramainya hanya pada malam ritual, ke depan pasti bisa lebih banyak lagi karena umbul buka pagi-malam,” jelasnya.

Melalui revitalisasi umbul, Mursidi berharap ada peningkatan kesejahteraan bagi desanya. “Kalau bisa perekonomian warga bisa meningkat. Selama 26 tahun saya hanya buka warung kelontong. Nanti kalau ada rejeki, kami juga ingin membuka usaha warung untuk pengunjung umbul,” terangnya.

Camat Sawit, Heri Widono, menjelaskan revitalisasi Umbul Tirtomulyo melibatkan warga sekitar. Sedang penyerapan tenaga pengelolaan oleh warga sekitar, menunggu koordinasi dari Dinas Pariwisata (Disparta) Boyolali. “Sejak pembangunan kami sudah sosialisasi warga yang ingin bergabung untuk ikut dalam proyek pembangunan. Tapi nyatanya warga sekitar juga banyak yang enggan. Hanya beberapa saja. Untuk warga yang ingin bergabung dalam pengelolaan nanti akan kami koordinasi dengan Disparta,” ujarnya.

Heri berharap keberadaan umbul di Sawit bisa mendongkrak perekonomian warga sekitar. “Harapannya bisa memberdayakan warga sekitar. Syukur kalau bisa ada penyerapan tenaga sekitar. Potensi warga yang dikembangkan di Sawit juga bisa ikut terdongkrak,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya