SOLOPOS.COM - Pasar Gilingan (Dok/Solopos)

Pasar Gilingan (Dok/Solopos)

Pasar Gilingan (Dok/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Proyek pembangunan pasar tradisional di Kota Solo terus dikebut. Ditargetkan pembangunan pasar rampung akhir tahun ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Pengelola Pasar (DPP) Kota Solo, Subagyo kepada Solopos.com, Senin (15/10/2013), mengatakan proyek revitalisasi pasar tradisional ditargetkan kelar pada akhir Desember agar bisa ditempati  pedagang.

Ekspedisi Mudik 2024

Di antaranya proyek lanjutan pembangunan Pasar Pasar Kliwon, Pasar Pasar Elektronik, Pakaian dan Besi Bekas (Elpabes), perbaikan Pasar Gede Pasar Klewer, Pasar Depok di bekas Makam Depok dan pembangunan Pasar Gilingan.

Lebih lanjut Subagyo menjelaskan pembangunan Pasar Gilingan yang digelontor bantuan dari Pemerintah Pusat. Dia mengatakan konsep pembangunan Pasar Gilingan yang berada di bekas agen travel di Pangkalan Angkutan Umum Nonbus Antarkota Surakarta (Papsa) dibangun menampung ratusan pedagang kaki lima (PKL).

PKL tersebut tersebar di sepanjang  Jl. Sabang, Jl. S Parman dan Jl. A. Yani.

“Pasar Gilingan akan dibranding untuk pasar elektronik dan alat olahraga. Lain-lainnya nanti juga ada pakaian bekas,” jelasnya.

Sementara itu, Subagyo menambahkan untuk pembangunan Pasar Elpabes juga merupakan pasar elektronik dan barang bekas. Sedangkan pembangunan Pasar Pasar Kliwon lebih akan dikembalikan fungsi pasar tradisional dan percetakan. Subagyo mengatakan selain ketiga pasar tersebut, pihaknya juga menyiapkan lanjutan proyek pembangunan Taman Pasar Depok.
Pembangunan taman Pasar Depok dibangun diatas lahan bekas tempat pemakaman umum (TPU) Depok yang telah berhasil direlokasi tersebar di Kota Solo.

“Konsep pembangunan pasar sama dengan tetap mengedepankan arsitektural Jawa dan modern. Bangunan dibangun ada tiga lantai, yakni lantai satu, dasar dan basement,” katanya.

Subagyo menuturkan akan membuat zoning pedagang. Keberadaan zoning ini sebagai salah satu upaya meramaikan pasar tradisional.

“Jadi nanti pedagang akan dibuat zoning. Ini juga mempermudah pembeli mencari barang yang dicari,” katanya. “Sekarang sedang dikebut agar rampung sesuai target yang ditetapkan,” katanya.

Subagyo menerangkan untuk revitalisasi Pasar Elpabes proyek pengerjaan diklaim sudah mencapai 80 persen. Menurutnya, sekarang tinggal memasuki tahap finishing. Sedangkan, proses pembuatan selter bagi pedagang kaki lima (PKL) di bekas makam Depok saat ini juga hampir rampung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya