SOLOPOS.COM - Ilustrasi aktivitas pasar tradisional (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

Los sementara yang akan dibangun mampu menampung seluruh pedagang di Pasar Pingit.

Harianjogja.com, JOGJA – Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pertanian Kota Jogja mulai melakukan persiapan membangun los sementara yang akan digunakan pedagang Pasar Pingit selama pasar tradisional tersebut direvitalisasi.

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

“Kami sudah mengantongi izin dari Kraton Jogja untuk menggunakan lokasi di belakang kantor BPD DIY untuk los sementara pedagang Pasar Pingit. Tinggal melakukan pembangunannya,” kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pertanian (Disperindagkoptan) Kota Jogja Sri Harnani seperti dikutip Antara, Kamis (14/7/2016).

Ia memastikan, los sementara yang akan dibangun mampu menampung seluruh pedagang di Pasar Pingit yang jumlahnya mencapai sekitar 200 orang.

Menurut dia, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pertanian Kota Jogja mengajukan izin penggunaan lahan hingga Februari 2017 meskipun proses pembangunan pasar ditargetkan selesai pada akhir tahun.

“Kami berharap, seluruh pedagang segera menempati kembali ke pasar apabila proses revitalisasi sudah selesai. Namun, terkadang ada yang terlambat sehingga izin diajukan hingga Februari 2017,” katanya.

Pasar Pingit menjadi satu-satunya pasar tradisional di Kota Jogja yang akan direvitalisasi tahun ini. Dana revitalisasi pasar tersebut berasal dari dana tugas pembantuan dari pemerintah pusat dengan nilai sekitar Rp6 miliar.

“Bangunan pasar akan tetap satu lantai seperti saat ini. Hanya akan ada kantor lurah pasar di lantai dua. Bangunan pasar akan sepenuhnya baru karena bangunan lama akan dirobohkan terlebih dulu,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya